Ini Alasan Bayi Tidak Boleh Konsumsi Madu

Rusmanto
Rusmanto

Ini Alasan Bayi Tidak Boleh Konsumsi Madu ilustrasi
Winnetnews.com - Madu dikenal luas sebagai makanan yang tinggi kandungan nutrisi, namun pakar kesehatan menyebut bayi justru tidak boleh mengonsumsi madu. Apa alasan dari larangan ini? Berikut adalah penjelasannya.

Alasan Madu Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Bayi

Pakar kesehatan menyebut bayi dengan usia kurang dari satu tahun yang mengonsumsi madu bisa mengalami masalah botulisme. Sebagai informasi, botulisme adalah masalah kesehatan yang dipicu oleh spora bakteri berjenis clostridium botulinum. Bakteri ini bisa ditemukan di dalam madu.

Jika sampai bayi mengalami masalah botulisme, maka akan mengalami gejala kesehatan layaknya konstipasi. Masalahnya adalah konstipasi pada bayi bisa berimbas fatal karena akan membuatnya menjadi lebih lesu, mengalami masalah cairan tubuh, dan dampak buruk lainnya.

Lantas, mengapa anak-anak atau orang dewasa boleh mengonsumsi madu? Hal ini ternyata disebabkan oleh saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang sudah berkembang jauh lebih baik. Di dalam saluran pencernaan, terdapat mikroorganisme yang sudah mampu melawan spora bakteri tersebut sehingga tidak akan menyebabkan masalah kesehatan. Hal yang berbeda terjadi pada bayi yang cenderung belum memiliki sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang mampu melawan spora tersebut.

Apa Reaksi Kamu?