Ini Alasan Benda yang Kita Lihat Sehari-hari Memiliki Warna Spesifik

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Ini Alasan Benda yang Kita Lihat Sehari-hari Memiliki Warna Spesifik Sumber: Bright Side

Winnetnews.com - Mata manusia mampu melihat lebih dari tujuh juta warna. Mata yang dapat melihat berbagai macam warna, menjadi kelebihan sendiri untuk diri kita karena dapat membuat hidup menjadi lebih mudah. Benda-benda yang sering kita lihat sehari-hari, dirancang dengan warna yang seragam, lantaran memiliki suatu alasan tertentu yang berkaitan dengan penglihatan. Dirangkum dari Bright Side, berikut ini beberapa benda yang memiliki warna spesifik dan alasannya.

Fire hydrant

Keran ini memiliki beberapa warna yang bertujuan untuk menunjukan berapa banyak jumlah air yang dapat dihasilkan (GPM). Jenis fire hydrant memang berbeda-beda dan digunakan sesuai dengan jenis dan besar api yang akan dipadamkan. Warna yang paling populer untuk benda ini adalah merah, oranye, hijau, dan biru.

Pesawat terbang

Banyak pesawat terbang kormesial yang dicat warna putih. Hal tersebut dilakukan untuk merefleksikan sinar matahari. Warna putih dapat mengurangi dampak dari sinar matahari dan mencegah pesawat menjadi terlalu panas. Selain itu, pesawat juga akan lebih mudah dingin saat sedang terparkir.

Lampu lalu lintas

Lampu lalu lintas yang biasa kita lihat terdiri dari tiga warna, merah berarti berhenti, hijau artinya jalan, dan kuning adalah tanda hati-hati. Tetapi, terdapat alasan kenapa ketiga warna itu dipilih. Warna merah merupakan warna yang memiliki gelombang paling panjang yang berarti dapat dilihat dari jarak yang jauh. Gelombang warna yang dimiliki warna kuning lebih rendah dibanding merah, namun lebih tinggi daripada hijau. Gelombang warna ini membuat pergantian warna menjadi lebih terlihat.

Bola kaki

Ketika bola kaki mulai dibuat dari plastik, mereka mewarnainya dengan warna putih. Namun, Adidas kemudian memutuskan untuk menambahkan warna hitam. Warna hitam dan putih pada bola, lebih mudah dilihat melalui layar kaca, karena saat itu gambar di TV juga masih hitam putih.

Tisu toilet

Tisu toilet memiliki warna putih, karena sudah menggunakan pemutih. Jika tidak menggunakannya, tisu akan berwarna coklat. Tisu toilet tidak memiliki warna lain karena perusahaan yang memproduksinya harus mengeluarkan biaya lebih untuk mewaranainya. Sedangkan warna putih hanya membutuhkan biaya yang tidak terlalu banyak. Selain itu, tisu toilet yang berwarna tidak akan mudah terurai dan lebih berisiko untuk kesehatan.

Logo media sosial

Meskipun masing-masing media sosial memiliki warna yang berbeda, namun kebanyakan dari mereka berwarna biru. Hal ini terjadi karena warna biru dikaitkan dengan intelektual dan pikiran yang berkaitan dengan cara kita bersikap saat sedang berkomunikasi. Warna ini merepresentasikan keamanan dan dapat dipercaya. Perusahaan media sosial ingin orang-orang merasa aman saat berkomunikasi dengan orang lain, jadi mereka menggunakan warna biru.

Apa Reaksi Kamu?