Ini Alasan Kita Hanya Bisa Mengingat Sebagian Besar Mimpi
Ilustrasi, Unsplash

Ini Alasan Kita Hanya Bisa Mengingat Sebagian Besar Mimpi

Minggu, 8 Mar 2020 | 13:33 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Mimpi yang datang saat tidur bisa saja berupa mimpi yang indah ataupun buruk. Ketika terbagun, ada beberapa waktu di mana kita bisa mengingat tentang mimpi tersebut, namun ada pula saat di mana kita tidak mengingatnya sama sekali.

Berdasarkan seorang pakar, masa di mana kita sama sekali tidak bisa mengingat mimpi yang terjadi saat tidur, berarti kita sedang melewati fase REM (rapid eye movement) saat tdiur. Gerakan mata saat tidur terjadi sekitar 25% dari waktu tidur. Siklus REM terus bertambah lama saat malam berlangsung, dengan periode terpanjang hingga pagi hari.

Selain karena REM, Tore Nielsen, seorang peneliti mimpi dari University of Montreal mengatakan bahwa hilangnya mimpi dari pikiran kita bisa terjadi karena faktor teknologi.

“Jika saat bangun kita teralihkan dengan contohnya penggunaan ponsel atau mendengarkan berita dari radio, itu bisa menghapus mimpi kita. Atau terkadang isi dari mimpi kita memang tidak bisa untuk diingat,” kata Nielsen dikutip dari Huffpost.

Namun jika kamu sama sekali tidak bisa mengingat mimpi yang terjadi atau sering mengalami mimpi buruk, itu besar kemungkinan kita tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup.

“Ini bisa terjadi karena kamu tidak cukup tidur di malam hari,” ujarnya.

Jika kita bisa mengingat mimpi dengan sangat realistis dan merasa itu seperti bagian dari kehidupan sehari-hari, namun di saat tertentu kita hanya bisa mengingat sebagian. Menurut Andrew Varga, seorang ahli saraf, hal ini terjadi karena berbagai jenis mimpi terjadi selama fase tidur yang berbeda.

“Diperkirakan bahwa sebagian besar mimpi berdasarkan plot terjadi selama tidur REM, terlepas dari apakah itu aneh atau realistis,” ujar Andrew Varga.

Sementara itu, terdapat mimpi yang dikenal dengan lucid dream (mimpi sadar), di mana kita sadar dengan mimpi sendiri. Jika sering mengalami lucid dream, maka ini bisa mengindikasikan kerja otak kita.

Dia juga menjelaskan baik kita mengingatnya atau tidak, sebenarnya kita selalu bermimpi saat tidur. Meskipun ini belum diketahui secara pasti kebenarannya, namun beberapa tingkat aktivitas kognitif memang selalu terjadi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...