Ini Alasan MUI Bolehkan Vaksin MR

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Ini Alasan MUI Bolehkan Vaksin MR Foto:Ilustrasi

WinNetNews.com- Seperti yang diketahui Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah memutuskan penggunaan vaksin MR (Measles Rubella) diperbolehkan (mubah). MUI memperbolehkan penggunaan produk dari Serum Institute of India (SII) itu dengan sejumlah catatan.

"Tertuang dalam Surat Keputusan Fatwa MUI bernomor 33 Tahun 2018, tentang Penggunaan Vaksin MR Produk dari SII untuk Imunisasi, " kata Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Hasanuddin AF. Menurut Hasanuddin penggunaan vaksin MR diperbolehkan pada kondisi keterpaksaan (darurat syar’iyyah).

"Karenanya, kebolehan penggunaan vaksin MR sebagaimana dimaksud, tidak berlaku jika ditemukan (pada kemudian hari) adanya vaksin yang halal dan suci," jelas Hasanuddin.

Menurut pendapat ahli, vaksin tersebut memang mengandung unsur babi. Namun, MUI juga mempertimbangkan bahaya yang ditimbulkan jika tidak dilakukan imunisasi.

Dalam rapat tersebut, menghasilkan empat rekomendasi untuk pemerintah. Pertama, pemerintah wajib menjamin ketersediaan vaksin halal untuk kepentingan imunisasi bagi masyarakat.

Kedua, produsen vaksin wajib mengupayakan produksi vaksin yang halal dan menyertifikasi halal produk vaksin sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Ketiga, pemerintah harus menjadikan pertimbangan keagamaan sebagai panduan dalam imunisasi dan pengobatan.

Keempat, pemerintah hendaknya mengupayakan secara maksimal,  melalui WHO dan negara-negara berpenduduk muslim agar memperhatikan kepentingan umat Islam akan hal kebutuhan akan obat-obatan dan vaksin yang halal.
 

Apa Reaksi Kamu?