Ini Alasan Pentingnya Konsumsi Susu saat Berbuka Puasa
Foto: Good Housekeeping

Ini Alasan Pentingnya Konsumsi Susu saat Berbuka Puasa

Senin, 4 Mei 2020 | 17:40 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Berpuasa seharian membuat kita memiliki dorongan untuk segera menyantap makanan dan minuman yang sudah tersaji. Biasanya jenis makanan dan minuman yang ditemukan di meja makan saat berbuka puasa kebanyakan berupa gorengan, teh manis, ataupun kolak.

Jarang kita melihat seseorang berbuka dengan susu atau produk olahannya. Padahal susu ataupun produk olahan seperti yogurt dan keju, penting untuk tubuh kita.

Diketahui susu mengandung vitamin dan mineral yang penting, termasuk fosfor, potasium, protein dan kalsium. Asupan ini menjadi cara tercepat bagi tubuh untuk mendapatkan kalsium yang direkomendasikan.

Secangkir susu memiliki sekitar 243 mg kalsium yang mudah diserap oleh tubuh. Terdapat sekitar 30-40 persen kalsium dalam susu yang dapat diserap.

Alasan tersebut menjadikan susu cukup penting untuk dikonsumsi selama bulan Ramadan, karena dapat memenuhi kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Akan tetapi, jika memiliki intoleran terhadap laktosa dan tidak bisa meminum susu, maka disarankan untuk memakan keju keras. Pasalnya, keju jenis ini memiliki laktosa yang lebih sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

Selain itu, kita juga bisa menggantinya dengan konsumsi yogurt yang mempunyai kandungan probiotik yang baik untuk pencernaan. Terdapat pula susu yang bebas laktosa, seperti susu kedelai, kelapa, ataupun almond yang memiliki tinggi akan kalsium.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...