Ini Bahaya Cacing Kremi bagi Kesehatan Tubuh
ilustrasi

Ini Bahaya Cacing Kremi bagi Kesehatan Tubuh

Rabu, 3 Jul 2019 | 20:04 | Rusmanto
Winnetnews.com - Cacing kremi yang berkembang di dalam tubuh manusia dapat berkembang biak serta menyebabkan beberapa gejala seperti gatal, ruam pada anus, hingga rasa nyeri. Apabila jumlah cacing kremi terus bertambah banyak, maka hal itu bisa menimbulkan komplikasi. Lantas, apa bahaya cacing kremi bagi kesehatan?

Mengenali Bahaya Cacing Kremi pada Tubuh

Sebelum membahas mengenai bahaya cacing kremi, perlu Anda ketahui juga bahwa cacing kremi adalah infeksi parasit yang berukuran kecil sekitar 2-13 mm. Memiliki nama latin Enterobius vermicularis, hewan ini membutuhkan tubuh inang agar dapat berkembang biak.

Perlu diketahui bahwa cacing kremi akan bertumbuh di dalam saluran pencernaan dan berkembang biak dengan cara bertelur. Biasanya, cacing kremi yang akan bertelur dan keluar melalui anus saat malam hari untuk meletakan telurnya di lipatan kulit sekitar anus.

Dampak lanjutannya, biasanya seseorang akan merasa gatal di sekitar anus. Seorang anak yang memiliki cacing kremi juga akan terlihat rewel karena tidurnya di malam hari terganggu, nafsu makan menurun, dan berat badan turun drastis terutama ketika mengalami infeksi berat.

Pada anak perempuan, cacing kremi di kemaluan akan membuat iritasi atau rasa gatal. Kulit di sekitar anus juga bisa lecet akibat garukan yang keras dan berulang. Meski cacing kremi bukanlah masalah kesehatan yang serius, hal itu bisa menimbulkan beberapa gangguan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...