Ini Bahayanya Bila Azithromycin Dipakai Sembarangan Saat Isoman COVID-19
detikcom

Ini Bahayanya Bila Azithromycin Dipakai Sembarangan Saat Isoman COVID-19

Minggu, 18 Jul 2021 | 14:18 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Dokter asal Amerika Serikat, dr Faheem Younus memperingatkan sederet bahaya obat azithromycin pada penggunaan terkait COVID-19. Pasalnya, pada penggunaan yang tidak tepat, bisa menyebabkan gangguan jantung fatal.

"Azitromycin tidak mencegah atau menyembuhkan varian COVID apa pun. Namun, dapat menyebabkan aritmia jantung yang fatal. Jangan diambil untuk COVID. Ini memiliki lebih banyak risiko daripada manfaat," terangnya, dikutip dari akun Twitter resminya @FaheemYounus, Minggu (18/7/2021).

Dikutip dari penelitian The Lancet, azithromycin adalah antibiotik dengan potensi antivirus dan anti-inflamasi. Obat ini telah digunakan untuk mengobati COVID-19, namun bukti dari uji coba masih kurang.

Maka, dilakukan penelitian terkait efektivitas azithromycin terhadap pengobatan COVID-19, khususnya pada orang-orang yang memiliki peningkatan risiko komplikasi.

Dalam penelitian tersebut, sebanyak 526 pasien rentan risiko dampak COVID-19 diberikan pengobatan dengan azithromycin, 862 pengobatan biasa, dan 823 intervensi medis. Hasil menunjukan, tidak ada perbedaan antara pasien penerima azithromycin dengan pengobatan lainnya dalam penyembuhan COVID-19.

"Kami tidak menemukan bukti manfaat pengobatan dalam kelompok azitromisin plus perawatan biasa dalam waktu pengurangan gejala pertama, waktu pengurangan gejala yang berkelanjutan, dan waktu pengurangan awal keparahan gejala," tulis riset tersebut.

Sebaliknya, riset tersebut menemukan bahwa peserta uji klinik mengalami efek samping azithromycin hingga mengundurkan diri dari penelitian. Namun, tidak ada penjabaran perihal bentuk efek samping yang dialami peserta.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...