Ini Bahayanya Bila Terlalu Sering Minum Kopi
ilustrasi

Ini Bahayanya Bila Terlalu Sering Minum Kopi

Kamis, 11 Jul 2019 | 08:49 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Minuman kopi dengan beragam variasi, memang sedang digandrungi semua kalangan. Mulai dari anak remaja hingga orang dewasa, bahkan mungkin termasuk Anda. Minum yang khas dengan rasa pahit ini memang sudah banyak diteliti, baik itu manfaat sekaligus efek negatifnya. Nah, jika Anda minum kopi setiap hari, apakah ada bahaya yang mengintai?

Bahaya minum kopi setiap hari

Banyak studi yang telah mengamati manfaat kopi untuk kesehatan tubuh. Steven Rothschild, MD, seorang pendiri Rush University Family Physicians, menjelaskan berbagai manfaat kopi untuk kesehatan.

Biji kopi mengandung banyak senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti masalah pada liver, penyakit Parkinson, dan demensia.

Nah, rupanya, sekalipun membawa manfaat yang cukup melimpah, minum kopi setiap hari juga bisa mendatangkan efek samping yang bahaya bagi tubuh.

Berbagai dampak buruk yang mungkin terjadi pada Anda, antara lain:

1. Aktivitas harian terganggu

image0

Selain dikagumi karena rasanya, banyak orang yang sengaja minum kopi setiap hari untuk menghilangkan rasa kantuk.

Kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan kewaspadaan sehingga otak jadi lebih fokus dan kerja jadi lebih produktif.

Sayangnya, bahaya dari minum kopi setiap hari adalah munculnya kegelisahan dan kecemasan. Apalagi jika diminum pada waktu yang salah, seperti sore atau malam hari.

Akibatnya, seseorang bisa jadi sulit tidur dan bangun dengan tubuh kelelahan.

Kopi juga dapat menyebabkan ketergantungan. Jika Anda terbiasa minum kopi setiap hari, tubuh akan terbiasa dengan adanya kafein.

Apabila kebiasaan ini terlewat satu hari saja, tubuh akan menunjukkan gejala ‘penarikan kafein’. Biasanya hal ini akan menimbulkan sakit kepala, mood jelek, dan perasaan seperti bingung.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...