Ini Beberapa Cara Masak yang akan Merusak Kandungan Nutrisi dan Protein

Ahmad Mashudin
Selasa, 02 Agustus 2016 06:45 WIB
Oleh Ahmad Mashudin pada Selasa, 02 Agustus 2016 06:45 WIB
Image Ini Beberapa Cara Masak yang akan Merusak Kandungan Nutrisi dan Protein

WinNetNews.com - Tak diragukan lagi, makanan sehat itu sangat penting. Namun cara memasak ikut mempengaruhi sehat-tidaknya makanan. Beberapa cara memasak tertentu juga bisa merusak kandungan nutrisi dan protein dalam makanan, bahkan berubah menjadi racun.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara memasak berbahaya yang harus kita hindari.

1. Merebus lama

Merebus daging selama berjam-jam bukanlah cara memasak yang tepat. Tapi untuk sayuran, kita bisa merebus cukup lama, asal tidak dipanaskan lagi.

2. Dipanggang dengan api kecil

Cara terbaik untuk memanggang daging adalah dengan api setengah besar dan jangan terlalu besar. Cara ini bisa menghindari pembentukan racun dari daging yang gosong.

3. Dimasak perlahan

Memasak dengan perlahan memang bisa mengeluarkan rasa dari makanan, tapi di sisi lain juga berefek kurang baik. Memasak makanan dengan perlahan dan lama justru akan merusak kolagen pada makanan. Bila ingin merebus makanan, cara terbaik adalah dengan memasang tutup panci dan tambahkan bermacam-macam bumbu bila ingin merebusnya untuk waktu yang cukup lama.

4. Dipanggang

Memasak daging dan sayuran dengan cara dipanggang memang membuat makanan tersebut lebih enak, tapi juga memiliki efek samping. Ketika lemak menyentuh arang, lemak tersebut bisa membentuk zat-zat yang bisa menyebabkan kanker dan peradangan. Selain itu, saus barbecue juga mengandung gula dan pelezat yang bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker) ketika dipanaskan.

5. Dicelupkan ke minyak goreng

Menggoreng makanan dengan mencelupkan ke dalam minyak panas adalah salah satu cara terburuk karena akan menenggelamkan makanan ke dalam lemak-lemak teroksidasi dan gula hasil proses. Temperatur tinggi yang digunakan saat menggoreng juga menimbulkan zat-zat beracun yang bisa meningkatkan risiko kanker.

6. Menggunakan microwave

Makanan yang dipanaskan dengan oven microwave sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Menurut sebuah penelitian, microwave menyebabkan perubahan kadar kolesterol HDL dan LDL serta sel darah putih. Oven microwave juga mengalirkan gelombang elektromagnetik yang sangat tinggi ke seluruh ruangan.

Waspadai Bumbu Masakan Ini
Sama dengan Uruguay dan Argentina, Prancis Dua Kali Juara Piala Dunia

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.