Ini Beberapa Hal yang Bisa Jadi Penyebab Gagal Jantung

Rusmanto
Rusmanto

Ini Beberapa Hal yang Bisa Jadi Penyebab Gagal Jantung ilustrasi
Winnetnews.com -  Indonesia berduka, Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu, 11 September 2019 di usia 83 tahun setelah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Kabar ini diungkap langsung oleh putranya, Thareq Kemal Habibie.

BJ Habibie Meninggal Dunia di RSPAD Gatot Soebroto

Dalam konferensi pers di RSPAD, Thareq menyebut Habibie meninggal pukul 18.05 WIB. Penyebabnya adalah karena gagal jantung. Di konferensi pers yang dilakukan Selasa, 10 September 2019 malam sebelumnya, Thareq tidak memerinci masalah kesehatan apa yang dialami oleh ayahnya.

“Bapak saya sudah mengalami masalah dengan jantungnya sejak usia muda. Karena faktor usia yang semakin menua, jantungnya pun melemah,” ucap Thareq.

Kondisi kesehatannya semakin memburuk karena banyaknya tamu yang datang mengunjungi Habibie. Hal ini membuatnya tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

“Bapak senang menerima tamu. Masalahnya, otaknya masih berjalan tapi bapak lupa kalau fisiknya sudah sepuh,”terang Thareq.

Meski kondisinya cukup lemah, keluarga memilih untuk tidak memindahkan Habibie ke Jerman. Thareq menyebut pihak keluarga percaya dengan kualitas tim medis yang selama ini merawat ayahnya.

“Tidak perlu. Tim dokter di sini bagus kok kenapa harus dibawa ke Jerman. Lagipula, kalau harus terbang jarak jauh dengan kondisi seperti ini tentu sangat berbahaya bagi orang tua,” ucapnya.

Apa Reaksi Kamu?