Ini Beberapa Kemungkinan Penyebab Hemoglobin Rendah
ilustrasi

Ini Beberapa Kemungkinan Penyebab Hemoglobin Rendah

Minggu, 23 Jun 2019 | 18:20 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Hemoglobin (Hb) adalah protein pada sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen. Jika sel darah merah mengalami gangguan atau produksinya menurun, maka jumlah hemoglobin juga akan berkurang. Penyebab Hb rendah biasanya berasal dari gangguan kesehatan atau penyakit tertentu sehingga tidak boleh diabaikan.

Berbagai penyebab hemoglobin (Hb) rendah

image0

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan penurunan jumlah hemoglobin dalam darah.

1. Anemia

Anemia merupakan gangguan kesehatan yang paling sering menjadi penyebab Hb seseorang rendah. Kondisi yang sering disebut sebagai penyakit kurang darah ini terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:

  • Anemia defisiensi besi akibat kurangnya asupan zat besi atau gangguan penyerapan zat besi. Padahal, zat besi merupakan mineral yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan hemoglobin.
  • Anemia selama kehamilan karena ibu hamil kekurangan asupan zat besi. Tanpa konsumsi makanan kaya zat besi dan tablet suplemen besi, tubuh ibu hamil tidak bisa memproduksi cukup hemoglobin.
  • Anemia aplastik, yakni kurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh akibat kerusakan pada sumsum tulang. Kerusakan ini disebabkan oleh serangan sistem kekebalan tubuh yang keliru mengenali sumsum tulang sebagai ancaman.
  • Anemia hemolitik yang ditandai dengan terurainya sel darah merah di dalam pembuluh darah atau limpa. Padahal, sel darah merah seharusnya terurai di hati. Kondisi inilah yang kemudian menjadi penyebab jumlah hemoglobin (Hb) rendah.
  • Anemia akibat kekurangan asupan vitamin. Kekurangan vitamin B12 dan asam folat (vitamin B9) dapat mengubah bentuk sel darah merah dan menurunkan jumlah hemoglobin di dalamnya.
  • Anemia sel sabit, yakni kondisi ketika sel darah merah berbentuk tidak normal menyerupai sabit. Bentuk tersebut mengakibatkan jumlah hemoglobin menjadi rendah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...