Ini Beberapa Makanan yang Bisa Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Rusmanto
Rusmanto

Ini Beberapa Makanan yang Bisa Memperkuat Daya Tahan Tubuh ilustrasi

Winnetnews.com -  Perubahan cuaca yang tak menentu membuat tubuh harus beradaptasi dengan cepat. Tak jarang, ketika perubahan cuaca terjadi, tubuh jadi lebih mudah terkena penyakit, seperti flu, demam, batuk, radang tenggorokan, bahkan diare. Saat kita mudah terserang virus dan bakteri yang masuk ke tubuh, berarti sistem imun kita sedang lemah. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya asupan makan yang mengakibatkan tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. 

Ketika kita kekurangan nutrisi, tubuh menjadi rentan dan tidak bisa bekerja secara optimal. Apalagi ketika rutinitas harian yang Anda jalani cukup membuat Anda kewalahan. Makanan yang kita makan berpengaruh pada sistem imun kita. Mungkin Anda tidak dapat mengatur masalah cuaca yang berubah-ubah untuk menghindari penyakit, tetapi Anda bisa mengatur apa saja makanan yang diperlukan oleh tubuh agar imunitas tetap prima.

Makanan yang memperkuat sistem imun

1. Buah citrus

Apa itu buah citrus? Buah ini termasuk ke dalam jeruk-jerukan, seperti jeruk yang Anda jumpai di pasar maupun supermarket, jeruk bali, jeruk kepruk, lemon, dan jeruk nipis. Vitamin C ditemukan dalam jeruk, vitamin ini memiliki fungsi untuk membantu produksi sel darah putih. Sudah menjadi tugas sel darah putih untuk menjaga tubuh dari penyakit. Jika produksi sel darah putih rendah, maka imunitas pun melemah. Tubuh sendiri tidak memproduksi vitamin C, jadi pastikan Anda memakan jeruk. Walaupun vitamin C juga ditemukan pada suplemen, memakan buah jauh lebih menyehatkan untuk organ Anda.

2. Paprika merah

Bagaimana jika Anda tidak menyukai jeruk? Ya, paprika merah juga mengandung vitamin C yang dua kali lebih banyak. Anda bisa menyajikannya bersama sup, atau bahkan tumis-tumisan. Selain untuk memperkuat sistem imun, vitamin C juga baik untuk kulit Anda. Kandungan lainnya yang terdapat pada paprika merah adalah beta karoten. Selain untuk mencegah penyakit jantung, beta karoten juga baik untuk kesehatan mata dan kulit. Dengan memakan paprika merah, ternyata Anda bisa mendapat manfaat double untuk kesehatan kulit Anda juga.

3. Brokoli

Anda pasti sudah sering mendengar berbagai macam manfaat brokoli bukan? Brokoli memang makanan yang mengandung sumber vitamin dan mineral. Selain mengandung vitamin C, brokoli juga mengandung vitamin A, E bahkan mengandung antioksidan. Untuk menjaga keutuhan kandungannya, usahakan tidak terlalu lama ketika memasak sayuran ini. Namun, jika Anda bermasalah dengan perut kembung, usahakan harus mengukusnya lebih dulu, agar seratnya melunak.

4. Bawang putih

Jika Anda tidak menyukai masakan dengan bumbu bawang, mungkin karena baunya yang mengganggu, kini saatnya Anda berpikir ulang. Berdasarkan penelitian, bawang putih dipercaya sebagai obat yang mampu melawan infeksi pada jaman dahulu kala. Bahkan berdasarkan National Center for Complementary and Integrative Health, bawang putih mampu meperlambat pengerasan arteri dan menurunkan tekanan darah. Konsentrasi padat dari senyawa yang mengandung sulfur pada bawang putih, seperti allicin. Inilah yang dapat memperkuat sistem imun kita.

Apa Reaksi Kamu?