Ini Beberapa Manfaat Air Tebu bagi Kesehatan
ilustrasi

Ini Beberapa Manfaat Air Tebu bagi Kesehatan

Sabtu, 13 Jul 2019 | 22:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Tebu mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, dan mineral yang meliputi fosfor, kalsium, zat besi, zinc, dan kalium. Air tebu juga mengandung vitamin dan antioksidan. Minum air tebu dikatakan lebih sehat dibandingkan dengan mengonsumsi gula. Air tebu merupakan minuman manis alami yang diproses dengan tepat. Gula yang diekstrak dari air tebu mengandung 15 kalori.

Air tebu terdiri dari sukrosa, fruktosa, dan banyak varietas glukosa lainnya dengan total 13 gram serat makanan. Air tebu juga kaya akan serat makanan dan menyediakan senyawa polifenol yang dapat membantu kesehatan Anda secara keseluruhan dan mengurangi stres oksidatif. Selain manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari air tebu ini. Apa saja, ya?

Berikut manfaat air tebu untuk kesehatan

1. Merawat kulit

Air tebu mengandung asam glikolat yang memberikan efek antioksidan pada kulit. Bila mengonsumsi air tebu secara teratur, dapat membersihkan radang dan infeksi kulit, memperbaiki penampilan kulit, dan mengurangi tanda penuaan.

2. Kepadatan tulang

Air tebu dapat meningkatkan kadar kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan mangan dalam tubuh. Sumber mineral tersebut merupakan komponen penting untuk memperkuat tulang Anda. Dengan begitu, air tebu dapat mencegah berkembangnya osteoporosis. Mengonsumsi air tebu secara rutin maka dapat membuat tulang Anda tetap kuat seiring bertambahnya usia.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi air tebu murni dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, baik kolesterol LDL dan trigliserida. Hal ini yang juga dapat melindungi kesehatan jantung Anda dan mencegah terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah seiring bertambahnya usia.

4. Mengelola stres dan membantu tidur lebih nyenyak

Air tebu mengandung beberapa asam amino yang dapat menyeimbangkan kadar hormon stres. Selain itu, asam amino tersebut juga dapat membantu Anda mengatasi masalah sulit tidur. Dengan mengonsumsi air tebu, Anda dapat tidur lebih nyenyak dan membuat pikiran Anda lebih tenang.

5. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan kalium dalam air tebu mampu mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga dapat menurunkan atau mengendalikan tekanan darah secara efektif. Selain itu, air tebu juga dapat mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...