(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ini Beberapa Olahraga Paling Baik Untuk Sistem Pernafasan Anda

Rike
Rike

Ini Beberapa Olahraga Paling Baik Untuk Sistem Pernafasan Anda
WinNetNews.com-Belakangan napas Anda terasa berat? Atau, berjalan beberapa meter saja, Anda merasa capek?

Bila Anda merasakan hal ini, kemungkinan besar Anda mengalami penurunan kinerja fungsi pernapasan. Tapi, tak perlu cemas. Penurunan fungsi tersebut dapat diatasi dengan sejumlah aktivitas sederhana yang sudah tak asing bagi Anda.

“Untuk mengatasi kondisi itu, Anda harus meningkatkan fungsi kardiorespirasi yang meliputi sistem kardiovaskular, pembuluh darah, dan paru. Dengan metode ini, sistem respirasi seseorang akan dilatih untuk mengambil oksigen dan menyalurkan ke jaringan yang aktif, sekaligus meningkatkan proses metabolisme tubuh. Hasilnya, tarikan napas jadi lebih plong,” kata dr. Grace Tumbelaka, Sp.KO, spesialis kedokteran olahraga dari RS Jakarta. Upaya meningkatkan fungsi kardiorespirasi dapat diaplikasikan sekaligus dalam beberapa aktivitas pembakar kalori berikut hingga Anda bisa dapat dua manfaat sekaligus: sistem pernafasan optimal dan kalori tubuh berkurang.

1. Berenang

Merupakan cara fun untuk tingkatkan fungsi kardiorespirasi, sekaligus bakar kalori tubuh Anda. Luangkan waktu Anda untuk berenang memakai gaya bebas selama satu jam saja. Alhasil, sekitar 510 kalori dapat Anda bisa pangkas.

2. Joging

Melakukan joging baiknya dilakukan ketika pagi hari, di saat udara yang dihirup masih bersih, belum tercemar oleh polusi. Selain melatih seluruh otot tubuh, joging juga efektif melatih otot jantung dan otot diafragma dada. Aktivitas ini pun banyak bakar kalori di tubuh Anda. Joging menempuh jarak 7 - 8 kilometer atau dilakukan selama setengah jam dapat menghabiskan 295 kalori.

3. Jalan cepat

Ingin cara lebih ringan untuk tendang kalori ketimbang joging? Anda bisa coba jalan cepat. Hanya dengan berjalan cepat setengah jam dengan kecepatan enam kilometer per jam bisa membantu Anda membakar kalori sebanyak 240 kalori. Lumayan banyak, bukan?

Sumber:fitnessformen.co.id

Foto: http://www.webmd.com/

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});