Ini Beda Air Mani dan Sperma Pria
ilustrasi

Ini Beda Air Mani dan Sperma Pria

Minggu, 21 Feb 2021 | 19:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Air mani merupakan salah satu bagian yang penting dari sistem reproduksi pria. Tetapi sayangnya hanya sedikit yang betul-betul memahami seluk-beluk air mani. Kebanyakan orang akan lebih fokus pada sperma daripada air mani. Padahal, air mani pria memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri yang membuatnya berbeda dari sperma.

Mengenal air mani pria dan kandungannya

image0

Air mani adalah cairan berwarna putih keruh yang diproduksi pria saat ejakulasi. Dikutip dari Andrology Center dalam air mani, terkandung sel sperma (spermatozoa), fruktosa, asam amino, dan berbagai enzim yang bertugas membantu sel sperma melakukan pembuahan pada rahim. 

Sperma sendiri adalah cairan sel reproduksi pria yang mengandung kromosom untuk menghasilkan pembuahan pada sel telur dan membentuk zigot.

Air mani dihasilkan oleh kelenjar vesikula seminalis. Organ reproduksi pria ini letaknya di bagian bawah belakang kandung kemih. Campuran air mani dan sperma berwarna putih keruh. Hal ini disebabkan karena tingginya kandungan protein dalam air mani. 

Selain protein dan sel sperma, di dalam air mani pria juga terdapat beberapa kandungan nutrisi lain, seperti asam askorbat, fruktosa, zat besi, kalsium, magnesium, sodium, potasium, vitamin B12, kalori, dan air.

Perbedaan air mani dan sperma

Masih banyak pasangan yang menyalahartikan air mani dan sperma sebagai hal yang sama. Namun, secara mudah perbedaan antara air mani dan sperma dapat dijabarkan melalui dua poin sebagai berikut.

  • Air mani adalah cairan berwarna putih yang dikeluarkan pria saat ejakulasi dan sperma adalah bagian dari cairan semen (air mani) yang berupa sel reproduksi pria untuk membuahi sel telur wanita.
  • Air mani dapat dilihat oleh mata dengan bentuk berupa cairan putih dan memiliki karakteristik lengket, sementara cairan sperma yang berisi sel reproduksi bersifat tak kasat mata dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...