Ini Beda TBC pada Anak dan Orang Dewasa

Rusmanto
Rusmanto

Ini Beda TBC pada Anak dan Orang Dewasa ilustrasi
Winnetnews.com - WHO memperkirakan sekitar 550.000 anak terjangkit penyakit tuberkulosis (TBC) setiap tahun. Kendati tidak jauh berbeda dengan TBC pada orang dewasa, TBC pada anak dinilai lebih berbahaya karena dapat muncul dengan cepat setelah bakteri menginfeksi.

Perbedaan TBC pada anak dan orang dewasa

Meski sama-sama TBC, terdapat beberapa perbedaan antara bakteri yang menginfeksi anak-anak dan dewasa. Perbedaan tersebut antara lain:

1. Cara penularan

Penularan TBC pada anak-anak memang tidak berbeda dengan orang dewasa, yakni dengan menghirup bakteri tuberkulosis di udara yang berasal dari penderita TBC. Bakteri dapat tersebar saat penderita batuk, bersin, berbicara, bahkan tertawa.

Penyakit TBC sangat mudah menular lewat udara. Namun, biasanya, anak-anak yang menderita infeksi bakteri ini tidak tertular dari anak lain yang juga terinfeksi.

Sumber penularan utama TBC pada anak-anak justru adalah lingkungan tempat tinggal yang terdapat orang dewasa pengidap TBC.

2. Tahap perkembangan penyakit

Penyakit TBC pada anak dan orang dewasa sama-sama terbagi menjadi tiga tahap, yakni:

  • Infeksi bakteri. Seseorang mengalami kontak dengan penderita, lalu terinfeksi bakteri tuberkulosis. Gejala belum timbul dan pemeriksaan menunjukkan hasil negatif.
  • TBC laten. Bakteri TBC ada di dalam tubuh, tapi gejala belum muncul karena sistem kekebalan tubuh cukup kuat untuk menghentikan perkembangan penyakit. Pemeriksaan menunjukkan hasil positif, tapi orang tersebut tidak bisa menyebarkan infeksi ke orang lain.
  • TBC aktif/penyakit TBC. Bakteri TBC aktif dan menimbulkan gejala. Pemeriksaan menunjukkan hasil positif dan penderita bisa menularkan penyakitnya.

Perbedaan antara TBC pada anak dan dewasa di tahap ini adalah perkembangan penyakitnya itu sendiri. Anak-anak biasanya akan mencapai tahap TBC aktif pada beberapa minggu atau bulan setelah terinfeksi, sedangkan orang dewasa mungkin baru mengalami tahap ini bertahun-tahun kemudian.

Apa Reaksi Kamu?