Ini Bedanya Demam Berdarah dan Tifus

Rusmanto
Rusmanto

Ini Bedanya Demam Berdarah dan Tifus ilustrasi
Winnetnews.com -  Penyakit demam berdarah (DB) dan tifus hampir memiliki ciri-ciri yang sama. Bahkan, kadang orang tidak bisa membedakan gejala-gejala yang timbul, apakah itu DB atau tifus. Padahal, jika kita salah dalam mendiagnosa dan menangani kedua penyakit tersebut, bisa-bisa menyebabkan kematian. Lantas bagaimana caranya membedakan kedua penyakit tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

Penyebab Demam Berdarah dan Tifus

Meskipun mirip, penyebab penyakit demam berdarah dan tifus ternyata memiliki perbedaan, berikut di antaranya:

Demam berdarah

Penyebab penyakit demam berdarah (DB) ini adalah virus Dengue, sehingga penyakit ini disebut juga dengan bemam berdarah dengue (DBD). Ada 4 jenis virus demam berdarah, itulah sebabnya pada beberapa kasus penderita demam berdarah yang satu menunjukkan gejala yang berbeda dengan penderita demam berdarah lainnya. Penyakit ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti. Nyamuk ini biasa menggigit pada siang hari.

Nyamuk yang mengisap darah dari penderita DBD kemudian menggigit orang lain yang sehat membuat virus yang ada berpindah ke orang yang sehat dan akan menyebabkan orang tersebut menderita demam berdarah.

Tifus

Penyebab penyakit tifus adalah bakteri yang bernama Salmonella typhi. Bakteri ini berkembang cepat pada tempat-tempat yang kotor. Penyebarannya dibantu oleh serangga-serangga pembawa bakteri seperti lalat atau serangga lainnya. Sehingga, jika lalat atau serangga pembawa bakteri ini hinggap pada makanan atau minuman dan kita memakan atau meminumnya, kita bisa terkena tifus.

Apa Reaksi Kamu?