Ini Bedanya Rematik, Demam Rematik, dan Penyakit Jantung Rematik
ilustrasi

Ini Bedanya Rematik, Demam Rematik, dan Penyakit Jantung Rematik

Sabtu, 1 Jun 2019 | 14:57 | Rusmanto

Winnetnews.com - Istilah rematik ternyata tidak hanya digunakan untuk menyebut peradangan yang menyerang persendian. Ada pula masalah kesehatan dengan istilah yang sangat mirip, yakni demam rematik dan penyakit jantung rematik.

Meskipun mirip, ketiganya memiliki gejala dan penyebab yang jauh berbeda. Itu sebabnya, penanganannya pun berbeda satu sama lain. Untuk itu, ketahui perbedaan ketiganya.

Beda rematik, demam rematik, dan penyakit jantung rematik

Berikut adalah perbedaan antara ketiga penyakit tersebut:

1. Rematik (rheumatoid arthritis)

Rematik adalah penyakit peradangan yang menimbulkan nyeri, bengkak, dan kaku pada sendi. Sendi jari tangan dan kaki adalah area yang paling berisiko terkena penyakit ini. Pada beberapa orang, rematik juga dapat menyerang mata, kulit, dan paru-paru.

Rematik merupakan penyakit autoimun. Pada tubuh penderita rematik, sistem kekebalan tubuh justru menyerang jaringan sendi yang sehat. Akibatnya, jaringan sendi mengalami peradangan. Rematik jangka panjang bahkan juga dapat menyebabkan kerusakan sendi.

Gejala rematik banyak ditemukan di area tubuh tertentu yang terserang. Inilah yang menjadi ciri khas pembeda dari demam rematik dan penyakit jantung rematik.

Beberapa gejala rematik antara lain:

  • Sendi terasa nyeri, hangat, dan kaku. Gejala biasanya bertambah parah pada pagi hari atau setelah tidak bergerak dalam waktu lama.
  • Sendi tampak kemerahan atau bengkak.
  • Tubuh lesu dan kurang nafsu makan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...