Ini Bedanya Telor Omega 3 dan Bukan
ilustrasi

Ini Bedanya Telor Omega 3 dan Bukan

Minggu, 30 Jun 2019 | 05:48 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Telur ayam adalah sumber protein hewani yang relatif murah dan terjangkau. Diolah menjadi berbagai macam menu makan, rasanya selalu enak dan dapat mencukupi kebutuhan gizi masyarakat dari berbagai kalangan. Namun, penasarankah Anda apa bedanya telur ayam omega 3 dengan telur biasa?

Apa yang menjadikan telur omega 3 lebih spesial dari telur biasa?

Omega 3 termasuk salah satu zat gizi yang sangat kita butuhkan. Omega 3 adalah jenis asam lemak esensial yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Omega 3 juga dapat membantu menguatkan sistem imun dan menyeimbangkan kadar lemak trigliserida dalam darah.

Meski begitu, tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri dalam jumlah yang memadai sehingga harus dibantu lewat asupan makanan.

Asam lemak omega 3 itu sendiri ada tiga bentuk, yaitu ALA, DHA, dan EPA. Alpha-linoleic Acid (ALA) paling banyak terdapat dalam sumber nabati, seperti minyak tumbuhan dan biji-bijian. Sementara DHA) dan EPA terdapat pada sumber hewani, seperti ikan salmon, tuna, dan kuning telur.

Secara alamiah, kuning telur memang sudah mengandung AHA dan DHA. Namun, kadarnya tidak begitu tinggi sehingga belum bisa dikategorikan sebagai sumber makanan tinggi omega 3 seperti ikan salmon. Oleh karena itu, produsen telur ayam menyiasati hal tersebut dengan teknologi rekayasa pangan.

Di Indonesia, penemuan teknologi rekayasa pangan untuk memperkaya telur ayam dengan omega 3 pertama kali dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 1995 dan sudah dipatenkan sejak tahun 2009.

Selain lewat teknologi rekayasa, ayam-ayam ternaknya juga sebelumnya diberi pakan yang diperkaya suplemen omega 3. Maka, ayam-ayam ternak itu dapat menghasilkan telur dengan kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...