Ini Cara Efektif untuk Melawan Banjir Menurut Anies Baswedan

Daniel
Daniel

Ini Cara Efektif untuk Melawan Banjir Menurut Anies Baswedan Anies Baswedan (Foto: Jakarta Post)

Winnetnews.com -  Jakarta kembali “tergenang” oleh banjir di berbagai wilayah. Hal tersebut membuat pihak pemerintah DKI mencoba mencari solusi agar bisa mengantisipasi datangnya banjir di waktu yang akan datang. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, ternyata punya solusi soal itu.

Menurut Anies, solusi untuk mencegah banjir adalah dengan membuat waduk. Lantas dirinya pun bakal meminta untuk menambah jumlah waduk di antara Jakarta dan Bogor. Hal itu menurutnya “mau tidak mau harus dilakukan”.

Kata Anies: “Kita berbicara tentang volume air yang besar sekali. Jadi tidak cukup kalau kita hanya menangani di sini. Apa pun yang kita tangani di sini kalau volume airnya besar sekali dari sana, datangnya bersamaan akan selalu menimbulkan limpahan air.”

Menurut Anies keberadaan waduk akan berdampak “signifikan” terhadap pencegahan banjir. Menurutnya, keberadaan bendungan bisa “menurunkan 30 persen” kemungkinan banjir. Ia juga mengatakan, jika hanya Jakarta yang dibereskan maka tidak ada artinya.

“Justru yang harus dibereskan adalah bagaimana airnya bisa ditahan di hulu dan antara hulu dan Jakarta sehingga volume air yang masuk di Jakarta terkendali,” jelasnya. “Saat ini sedang dibangun dua waduk di Kabupaten Bogor dan dua waduk ini, kalau selesai maka dia akan membantu menahan.”

 

 

Penulis : Daniel
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?