Ini Cara Mengatur Budget Ketika Bepergian Ke Luar Negeri

Ini Cara Mengatur Budget Ketika Bepergian Ke Luar Negeri

Liburan ke luar negeri pastinya sangat menyenangkan dan penuh petualangan, namun jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berlibur di negeri orang seperti tidak bisa mengambil uang tunai, kartu debit Anda dicuri atau kejadian lainnya yang dapat berubah menjadi mimpi buruk dalam hitungan detik.

Akhir musim panas menjadi salah satu saat yang paling populer untuk perjalanan ke luar negeri, berikut adalah beberapa tips untuk membantu wisatawan internasional menghindari tantangan keuangan, terutama ketika bepergian ke tempat-tempat yang asing. Berikut tips perencanaan finansial saat bepergian ke luar negeri yang dilansir dari laman bisnis.

Seminggu sebelum perjalanan Anda, hubungi bank dan perusahaan kartu kredit Anda untuk memberitahu mereka tentang rencana perjalanan Anda, termasuk di mana Anda akan pergi, serta kapan dan bagaimana Anda berencana untuk menggunakan kartu. Ini akan membantu menghindari penipuan.

Cari tahu cara menghubungi bank Anda dalam keadaan darurat. Jadi, ketika Anda memberitahu bank Anda dari rencana perjalanan Anda, jangan lupa untuk bertanya tentang cara-cara alternatif untuk menghubungi mereka jika Anda perlu.

Anda harus mengingat PIN Anda untuk kartu yang Anda bawa pada saat perjalanan. Kebanyakan ATM internasional tidak menerima nomor PIN enam digit. Jika kartu Anda memiliki PIN enam digit, hubungi bank Anda untuk mengatur ulang PIN empat digit.

Dalam kebanyakan toko di luar negeri, Anda dapat menggunakan kartu non-chip, yang berarti kartu yang hanya memiliki strip magnetik dan tidak chip EMV. Namun, ada banyak negara di mana kios tanpa pengawasan di kereta atau stasiun gas hanya menerima kartu chip. Jika Anda tidak memiliki kartu chip untuk membeli tiket kereta Anda harus datang lebih awal ketika counter terbuka dan apabila berencana untuk membeli gas, ada petugas bertugas pada siang hari.

Saat melakukan transaksi, Anda harus menyadari biaya transaksi. Biasanya biaya tiga persen dikenakan pada semua transaksi asing. Selain itu, sebagian besar bank mengenakan biaya ATM untuk menarik uang tunai di luar negeri. Bank internasional juga dapat mengenakan biaya. Periksa baik cetak atau hubungi layanan pelanggan untuk mempelajari lebih banyak bank telah memeriksa dan produk kartu yang membantu Anda menghindari biaya transaksi tersebut.

Jika Anda meninggalkan uang yang Anda simpan untuk liburan di rekening tabungan Anda, Anda mungkin berjuang untuk mengaksesnya luar negeri dari ATM. Mentransfer uang ke rekening utama Anda akan memastikan Anda memiliki dana yang tersedia cukup untuk menikmati perjalanan Anda.

Ambil beberapa mata uang asing. Amerika terbiasa membayar dengan kartu debit dan kredit untuk transaksi setiap hari. Di luar negeri, banyak bisnis masih mengandalkan uang cash, sehingga sulit untuk membayar taksi atau membeli soda tanpa mata uang lokal. Selain pembelian setiap hari ini, berencana untuk memiliki cukup uang yang tersedia untuk tips di hotel dan restoran (sebagai adat istiadat setempat).