Ini Cara Terbaik Atasi Kecanduan Alkohol
Sumber : Istimewa

Ini Cara Terbaik Atasi Kecanduan Alkohol

Minggu, 8 Apr 2018 | 20:01 | Oky

Winnetnews.com - Kecanduan alkohol atau alkoholisme merupakan keadaan dimana seseorang tidak bisa mengontrol dirinya untuk mengkonsumsi alkohol. Biasanya seseorang yang sudah kecanduan alkohol tidak bisa lepas dari penggunaan zat tersebut.

Sulit memang untuk bisa benar-benar berhenti dari kecanduan alkohol, setidaknya ada keinginan yang kuat untuk berhenti minum. Nah pertanyaannya bagaimana cara mengatasi kecanduan alkohol? Tenang saja artikel ini akan menjelaskan semua.

Perlu Anda ketahui, ada sujumlah faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kecanduan alkohol. Salah satu faktor resiko adalah gangguan psikologis, seperti akibat stres, depresi, dan gangguan kecemasan. Fakta menunjukkan bahwa 20 persen dari penderita gangguan jiwa yang dirawat dirumah sakit jiwa adalah mereka yang kecanduan alkohol.

Lingkungan sosial juga dapat menjadi faktor risiko. Apabila orang-orang di dalam lingkungan pertemanan atau di sekitar tempat tinggal kita gemar minuman keras, maka bukan hal yang mustahil bahwa keadaan tersebut dapat memberikan efek “menular” dan pada akhirnya kita ikut menjadi kecanduan alkohol.

Faktor pemicu lainnya yang mungkin bisa memicu seseorang menjadi kecanduan minuman beralkohol adalah genetik keluarga. Dipercaya bahwa mereka yang memiliki orang tua atau kerabat dekat yang gemar minuman keras akan berisiko lebih tinggi untuk memiliki kebiasaan serupa.

Nah jika Anda tidak segera berhenti dari kecanduan alkohol, bukan tidak mungkin kesehatan Anda terganggu, selain itu bisa juga menyebabkan rusaknya hubungan keluarga, hilangnya pekerjaan, rusaknya pikiran dan tubuh, serta salah satu penyebab utama terjadinya tindakan kriminal. Berikut ini penjelasan mengenai cara mengatasi kecanduan alkohol.

Bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan Alkohol atau Minuman Keras?

Sebenarnya tidak sulit untuk menghilangkan kecanduan alkohol atau minuman keras, harus dimulai dari diri sendiri dan niat yang kuat untuk benar-benar berhenti dari kecanduan alkohol. Selain itu dukungan dari orang lain juga menentukan. Ada baiknya minta support dari keluarga, sahabat, orang yang dihormati, dan lain-lain agar proses berhenti dari ketagihan berhasil.

Selain itu, bergabung dengan semacam komunitas anti minuman keras akan membantu menentukan keberhasilan. Peminum yang ingin berhenti sebaiknya menerapkan perubahan gaya hidup, Anda bisa terapkan pola hidup sehat dibawah ini:

1. Berkomitmen untuk berhenti

Jika Anda ingin benar-benar berhenti minum alkohol Anda harus berkomitmen pada diri Anda sendiri. Buang jauh-jauh alkohol dari pikiran Anda. Anda juga harus tahu jika alkohol dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan. Nah jika memang Anda kesulitan bagaimana cara berhenti dari kecanduan alkohol, konsultasikan dengan dokter atau konsultan tentang masalah anda agar dapat terbantu dan teratasi.

2. Minum air putih lebih banyak

Inilah cara yang paling sederhana dan efektif untuk mengatasi kebiasaan minum alkohol yaitu banyak minum air. Air putih bisa membersihkan racun didalam tubuh. Anda harus konsumsi air putih sebanyak 2-3 liter/hari karena bisa melancarkan pembuangan racun-racun termasuk sisa alkohol dari dalam tubuh.

3. Mengkonsumsi makanan sehat

Pecandu alkohol yang ingin berhenti sebaiknya memakan makanan yang sehat, terutama buah-buahan dan sayuran. Bumbu-bumbu yang keras seperti lada dan cabai sebaiknya dikurangi. Jus buah bit (beetroots) diyakini berkhasian membersihkan hati, sementara jus wortel mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kombinasikan jus buah bit, wortel dan apel karena mampu memurnikan tubuh dari racun-racun pengotor.

4. Mengkonsumsi herbal dan suplemen

Beberapa jenis herbal atau tumbuhan dan suplemen yang mengandung vitamin B dapat membantu mengurangi ketegangan fisik maupun psikis yang muncul selama proses detoksifikasi alkohol. Konsultasikan dengan dokter atau konsultan herbal, suplemen apa yang tepat dengan kondisi individual masing-masing.

5. Melakukan olahraga

Salah satu faktor orang yang suka minum alkohol dikarenakan Anda sering stres atau depresi. Anda bisa redakan dengan olahraga secara teratur, lakukanlah olahraga yoga atau jogging pada pagi hari secara rutin. Dengan olahraga banyak potasium yang dikeluarkan bersama keringat, imbangi dengan lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Pisang, melon, tomat, jeruk sitrus dan sayuran hijau banyak mengandung potasium.

6. Melakukan terapi

Terapi disini maksudnya menyeimbangkan gelombang otak Anda agar lebih stabil dalam berfikir dan bertindak. Terapi ini bekerja memberikan stimulasi pada otak Anda agar otak Anda mampu menghilangkan pikiran negatif dari minum alkohol. Nah Berikut ini penjelasan mengenai terapi mengatasi kecanduan alkohol.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...