Ini Caranya Agar Penyakit TBC Tidak Kambuh Lagi

Rusmanto

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Ini Caranya Agar Penyakit TBC Tidak Kambuh Lagi
ilustrasi
Winnetnews.com -  Penyakit tuberkulosis (TBC) tidak hanya sulit diobati, tapi juga berisiko muncul kembali sewaktu-waktu. Pasien TBC yang telah pulih bahkan tidak sepenuhnya terbebas dari risiko kambuh jika tidak berupaya mencegah penyakit ini. Padahal, begitu seseorang terinfeksi kembali, pengobatan akan menjadi lebih sulit dari sebelumnya.

Bagaimana proses kambuhnya TBC?

image0

Pada sel-sel normal, pembelahan sel akan menghasilkan dua buah sel dengan sifat yang sama. Dua sel membelah menjadi empat sel yang sama, empat membelah menjadi delapan, dan seterusnya. Namun, tidak dengan Mycobacterium tuberculosis, bakteri penyebab TBC.

Studi terbaru menunjukkan bahwa M. tuberculosis membelah secara asimetris. Artinya, populasi bakteri baru yang dihasilkan tumbuh dalam kecepatan yang berbeda, memiliki ukuran yang berbeda, dan memiliki ketahanan yang berbeda pula terhadap antibiotik.

Pengobatan TBC memang dapat membunuh sebagian besar bakteri tersebut, tapi ada kemungkinan bagi beberapa bakteri untuk bertahan.

Tanpa upaya untuk mencegah infeksi, bakteri yang bertahan bisa menjadi kebal dan menyebabkan TBC kambuh.

Buruknya lagi, bakteri TBC juga bisa kebal akibat pengobatan yang tidak memadai atau kurangnya kedisiplinan pasien untuk meminum seluruh obat sesuai anjuran. Saat daya tahan tubuh Anda menurun, bakteri dapat menjadi aktif dan kembali memicu gejala.

Akan tetapi, tidak semua kasus kambuhnya TBC disebabkan karena bakteri yang kebal. Penelitian yang dilakukan di Cape Town, Afrika Selatan, menemukan kasus pasien kambuh akibat terinfeksi bakteri M. tuberculosis dari strain yang berbeda.

Strain yang berbeda berarti susunan gen di dalam bakteri juga berbeda. Pada studi tersebut, antibiotik yang digunakan tidak dapat membunuh gen dari strain bakteri yang lain. Akibatnya, pasien yang sudah pulih justru mengalami infeksi kembali.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...