Ini Cirinya Bila Ginjal Sudah Terinfeksi
ilustrasi

Ini Cirinya Bila Ginjal Sudah Terinfeksi

Senin, 10 Agt 2020 | 07:29 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Infeksi ginjal (pielonefritis) adalah penyakit ginjal yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk ke dalam kandung kemih lewat uretra. Kondisi ini dapat memengaruhi fungsi ginjal, hingga menyebabkan infeksi. Lantas, apa saja gejala infeksi ginjal yang perlu Anda perhatikan?

Tanda-tanda dan gejala infeksi ginjal

image0

Awalnya, infeksi ginjal tidak menunjukkan gejala apa pun, sehingga banyak orang yang tidak sadar bahwa ginjal mereka sedang bermasalah. Namun, ada kalanya gejala akan berkembang dalam beberapa jam atau dalam satu hari setelah terinfeksi.

Umumnya, pielonefritis dapat menunjukkan gejala yang mirip dengan infeksi saluran kemih (ISK), meliputi sebagai berikut.

1. Sering buang air kecil

Ciri-ciri infeksi ginjal yang paling sering terjadi adalah sering buang air kecil. Perubahan pada frekuensi air kecil ini disebabkan oleh bakteri penyebab pielonefritis telah menjalar hingga ke kandung kemih dan menyebabkan iritasi. 

Akibatnya, Anda mungkin lebih sering buang air kecil, meskipun kandung kemih sebenarnya sedang kosong. 

2. Ada darah dalam urine

Pernahkah ketika sedang buang air kecil warna urine Anda tampak seperti ada bercak darah di dalamnya? Jika iya, ada kemungkinan kondisi ini termasuk gejala dari infeksi ginjal. 

Darah dalam urine atau hematuria merupakan pertanda bahwa tubuh sedang berusaha melawan bakteri penyebab infeksi. Hal ini mengakibatkan sel darah merah keluar dari urine. 

Dilansir dari Urology Care Foundation, tidak semua hematuria dapat dilihat dengan mata telanjang. Jenis hematuria yang paling umum, yaitu hematuria mikroskopis hanya dapat dilihat oleh tenaga kesehatan dengan bantuan mikroskop. 

Seseorang yang dapat melihat darah dalam urine biasanya mengeluarkan kencing berwarna merah muda, merah, atau cokelat. Jika mengalami hal ini, segera periksakan diri untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan tubuh Anda.

3. Nyeri punggung

Ginjal terletak di belakang rongga perut dan lebih dekat dengan punggung. Jika terinfeksi, lambat laun ginjal bengkak (hidronefrosis) dan menekan kapsul ginjal yang menutupinya. 

Tekanan dari ginjal tersebut ternyata menyebabkan rasa sakit pada punggung bagian bawah karena lokasi ginjal lebih dekat ke punggung. 

Sebagai salah satu gejala infeksi ginjal yang cukup umum terjadi, nyeri pada punggung biasanya diperiksa dengan menepuk bagian tersebut. Hal ini bertujuan untuk memudahkan diagnosis dokter. 

4. Sakit saat buang air kecil

Selain merusak lapisan ginjal dan kandung kemih, bakteri penyebab infeksi ginjal juga memengaruhi jaringan saraf kandung kemih. Alhasil, muncul rasa tidak nyaman ketika Anda buang air kecil. 

Jika Anda merasakan nyeri dan sensasi terbakar saat buang air kecil, ada kemungkinan lapisan ginjal dan uretra sedang mengalami peradangan. Oleh sebab itu, Anda perlu menjalani sejumlah pemeriksaan ginjal, seperti uji kreatinin. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...