Ini Dampak Bila Sering Konsumsi Gorengan
ilustrasi

Ini Dampak Bila Sering Konsumsi Gorengan

Senin, 5 Agt 2019 | 18:45 | Rusmanto
Winnetnews.com - Gorengan masih menjadi camilan yang paling digemari masyarakat Indonesia. Rasanya yang renyah sangat nikmat untuk dikonsumsi kapan saja, khususnya saat mengobrol dengan orang lain atau menonton acara televisi. 

Hanya saja, ada sebagian orang yang mengaku merasakan sakit kepala setelah mengonsumsi gorengan. Sebenarnya, apakah gorengan memang bisa menyebabkan dampak kesehatan ini?

Dampak makan gorengan dan risiko sakit kepala

Kandungan lemak tidak sehat di dalam gorengan dikenal luas sebagai penyebab berbagai macam masalah kesehatan seperti penyakit jantung, obesitas, dan diabetes, namun pakar kesehatan menyebut dalam jangka pendek, makan gorengan memang bisa menyebabkan datangnya sakit kepala.

Hal ini ternyata terkait dengan adanya kandungan lemak trans yang ada dalam gorengan. Sebagaimana kita ketahui, gorengan diolah di dalam minyak dengan suhu yang sangat panas. Proses pengolahan ini akan menimbulkan proses hidrogenasi yang membuat gorengan lebih awet dan enak. Sayangnya, hal ini bisa mempengaruhi kadar kolesterol darah dan meningkatkan risiko penumpukan plak di dalam pembuluh darah.

Jika kita sering makan gorengan, maka penumpukan plak pada pembuluh darah, termasuk di dalam pembuluh darah yang berada di kepala akan meningkat. Hal ini tentu akan membuat aliran darah menuju otak akan terhambat.

Jika sampai hal ini terjadi, sel-sel di dalam otak tidak akan mendapatkan oksigen dan nutrisi yang ada di dalam darah dengan cukup. Hal inilah yang kemudian menyebabkan sensasi pening atau sakit kepala.

Selain itu, jika kita sudah mengalami masalah hipertensi atau tekanan darah sebelumnya, keberadaan lemak trans pada gorengan akan membuat kondisi hipertensi menjadi semakin parah. Padahal, jika sampai tekanan darah sangat tinggi pada pembuluh darah yang ada di kepala, maka risiko untuk terkena sakit kepala akan meningkat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...