Ini Dampak Buruk Tidur di Sore Hari untuk Tubuh
Ilustrasi, Unsplash

Ini Dampak Buruk Tidur di Sore Hari untuk Tubuh

Minggu, 26 Jan 2020 | 17:30 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Tidur merupakan salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk menambah energi pada tubuh kita, setelah hampir seharian dipakai. Akan tetapi tidur juga tidak bisa dilakukan kapan saja, ada beberapa waktu yang sebaiknya tidak digunakan untuk tidur, misalnya saja saat sore hari.

Donna Arand, Ph.D., seorang psikolog eksperimental di Pusat Gangguan Tidur Kettering di Dayton, Ohio, Amerika Serikat mengatakan kalau sebaiknya orang menghindari tidur di antara pukul 4 – 6 sore. Penelitian yang dilakukannya menunjukan kalau tidur sore hari dapat memberikan efek buruk pada tubuh, salah satunya adalah meningkatkan resiko kematian. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa dampak buruk dari tidur sore hari.

Kesulitan tidur di malam hari

Saat seseorang sudah tertidur di sore hari, maka kemungkinan ia akan mengalami susah tidur pada malam harinya akan semakin besar. Mengutip dari kesga.kemkes.go.id, waktu tidur yang paling baik adalah sepanjang malam hingga matahari terbit.

Sakit kepala

Dampak buruk lain yang akan dirasakan oleh tubuh adalah sakit kepala. Kondisi ini mungkin akan mudah hilang, namun tetap saja ada kemungkinan seseorang akan tetap merasakannya selama berhari-hari. Rasa sakit kepala saat bangun tidur juga dapat memengaruhi suasana hati.

Daya ingat menurun

Tidur terlalu lama saat sore hari bisa membuat seseorang merasakan sensasi tubuh lemas dan kebingungan. Terkadang mereka yang tidur sore hari juga akan mengalami hilang ingatan untuk sementara waktu. Hal ini terjadi karena tubuh yang tidak menyadari perubahan siang dan malam, sehingga memicu kebingungan dan gangguan daya ingat.

Beresiko terkena diabetes

Sebuah penelitian di China menemukan kalau orang yang tidur pada sore hari, terutama 30 menit setelah makan siang maka beresiko lebih tinggi untuk mengalami diabetes tipe-2. Akan tetapi, peneliti belum yakin apakah diabetes yang menyebabakna kebiasaan itu atau sebaliknya. Hal ini terjadi karena terganggunya produksi insulin pada tubuh yang tidak banyak bergerak. Selain itu, tidur terlalu sore juga dapat menganggu siklus alami tubuh yang bisa memengaruhi produksi insulin

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...