Ini Dampak Obat Kuat Bila Dikonsumsi Sembarangan
ilustrasi

Ini Dampak Obat Kuat Bila Dikonsumsi Sembarangan

Rabu, 26 Feb 2020 | 12:24 | Rusmanto
Winnetnews.com - Obat kuat sama seperti obat pada umumnya yang memiliki efek samping. Efek samping obat tersebut  bisa berbeda-beda pada setiap pria, mulai dari sakit perut, sakit kepala ringan, hingga mengganggu penglihatan. Pada kasus yang langka, obat kuat bahkan bisa menimbulkan efek aneh yang membuat Anda melihat warna kebiruan.

Hal ini disebutkan dalam sebuah laporan pada jurnal Frontiers in Neurology. Laporan tersebut mengungkapkan bahwa gangguan mata terkait obat kuat bisa beragam bentuknya. Setiap pria mungkin juga mengalami gangguan dalam durasi dan tingkat keparahan yang berbeda. Lantas, apakah efek samping ini berbahaya?

Obat kuat mengganggu penglihatan dengan berbagai cara

image0

Pada jurnal tersebut, dilaporkan ada 17 pria di Turki yang memeriksakan diri ke rumah sakit karena mengalami gangguan penglihatan. Mereka diketahui telah meminum obat kuat mengandung sildenafil dalam kurun waktu 24 jam sebelumnya.

Gangguan yang mereka alami antara lain penglihatan kabur, meningkatnya sensitivitas mata terhadap cahaya, serta berkurangnya jarak penglihatan. Tidak hanya itu, mereka juga mengeluhkan munculnya warna kebiruan yang tajam ketika melihat.

Fenomena ini dikenal sebagai cyanopsia. Selain melihat warna kebiruan, beberapa pria juga melihat warna merah dan hijau sebagai kecokelatan. Kondisi ini mirip dengan buta warna sebagian, kendati tidak ada satu pun pasien yang menderita penyakit keturunan tersebut.

Kandungan sildenafil pada obat kuat memang memicu efek samping yang mengganggu penglihatan. Akan tetapi, efek samping tersebut biasanya akan hilang setelah 3-5 jam. Efek samping seperti yang dilaporkan dalam jurnal tersebut terbilang cukup langka.

Setahun sebelumnya, beberapa peneliti di Amerika Serikat menemukan kasus seorang pria yang mengalami gangguan penglihatan setelah mengonsumsi satu botol sildenafil cair. Pria tersebut mengeluhkan adanya bercak berbentuk donat setiap kali ia melihat.

Efek samping obat kuat sebetulnya terbilang ringan dan bisa menghilang dengan cepat. Ketujuhbelas pria yang mengalami cyanopsia pun akhirnya pulih setelah 21 hari. Meski begitu, konsumsi obat kuat secara sembarangan mungkin dapat meningkatkan risiko gangguan penglihatan yang lebih parah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...