Ini Dampak Pakai Sepatu Tanpa Kaos Kaki
ilustrasi

Ini Dampak Pakai Sepatu Tanpa Kaos Kaki

Kamis, 23 Jan 2020 | 06:17 | Rusmanto

Winnetnews.com - Meski masyarakat Indonesia cenderung terbiasa untuk menggunakan sandal saat beraktivitas di luar ruangan, kini semakin banyak orang yang memakai sepatu karena dianggap bisa memberikan perlindungan pada kaki dengan lebih baik. Hanya saja, penggunaan sepatu ini terkadang tanpa kaus kaki. Apakah hal ini bisa berbahaya bagi kondisi tubuh?

Dampak Memakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki

Ada banyak alasan yang membuat seseorang tidak memakai kaus kaki saat menggunakan sepatu. Selain karena faktor tren, seringkali hal ini juga terkait dengan ketidaknyamanan seseorang jika harus memakai kaus kaki.

Pakar kesehatan Emma Stevenson dari College of Podiatry menyebut kebiasaan malas memakai kaus kaki saat menggunakan sepatu bisa meningkatkan risiko terkena masalah bau kaki. Hal ini disebabkan oleh kaki manusia yang rata-rata mengeluarkan keringat hingga setengah liter setiap hari. 

Tanpa adanya kaus kaki yang seharusnya bisa menyerap keringat ini, maka bagian sol dalam sepatu akan menyerap keringat dan akhirnya membuat kaki menjadi jauh lebih lembap.

Masalahnya adalah kondisi sepatu yang lembab dan panas akibat tidak adanya sirkulasi udara yang baik bisa memicu perkembangbiakan jamur atau bakteri. Hal inilah yang kemudian bisa meningkatkan risiko terkena bau kaki. Masalah lain seperti kaki berjamur dan masalah kutu air yang bisa memicu gejala gatal-gatal parah juga bisa muncul.

Sebagai informasi, kutu air tak hanya akan menyebabkan sensasi gatal di antara sela-sela kuku dan telapak kaki. Jika hal ini tidak ditangani dengan baik, bisa memicu masalah kulit pecah-pecah di bagian telapak kaki, kulit kering pada kaki, luka yang berisi cairan pada kaki, dan sensasi panas atau perih pada kaki.

Dampak lain yang bisa didapatkan jika kita tidak memakai kaus kaki saat menggunakan sepatu adalah memicu terbentuknya bunion, semacam benjolan yang ada di bagian persendian ibu jari kaki yang bertulang dan menyebabkan sensasi tidak nyaman pada kaki.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...