Ini Dampaknya bagi Jantung Bila Makan Malam Terlalu Larut
ilustrasi

Ini Dampaknya bagi Jantung Bila Makan Malam Terlalu Larut

Rabu, 4 Sep 2019 | 07:45 | Rusmanto
Winnetnews.com - Ada banyak sekali alasan untuk makan di waktu terlalu malam. Hanya saja, biasanya hal ini disebabkan oleh kesibukan sehari-hari yang menyita waktu. 

Sebagai contoh, banyak pekerja kantoran di kota-kota besar yang baru bisa menyelesaikan pekerjaannya di malam hari sehingga baru bisa makan di waktu yang cukup larut. Masalahnya adalah hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Dampak Makan Terlalu Malam bagi Kesehatan Jantung

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh American Heart Association dan dilakukan di Columbia University Vagelos College of Physicians and Surgeons menghasilkan fakta bahwa kebiasaan makan terlalu malam bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung!

Dalam penelitian yang dipimpin oleh Nour Makarem ini, sekitar 12.700 partisipan dengan usia 18 hingga 76 tahun dilibatkan. Para partisipan ini dipantau kebiasaan makannya setiap hari. Selain itu, para partisipan juga terus dicek kadar tekanan darah dan kadar gula darahnya secara berkala.

Hasil dari penelitian ini adalah, sekitar separuh dari para peserta yang makan setelah pukul 18.00 petang mengalami kenaikan asupan kalori hingga 30 persen. Hal ini berimbas pada meningkatnya kadar gula darah, gangguan sensitivitas insulin, dan peningkatan tekanan darah dengan signifikan.

Situs Mayo Clinic menyebut kadar gula darah puasa yang meningkat bisa menandakan kondisi kesehatan yang serius dan tidak bisa disepelekan. Sebagai contoh, hal ini bisa saja menandakan prediabetes, kondisi yang menunjukkan kadar gula darah sangat tinggi namun masih belum bisa dianggap sebagai masalah diabetes. 

Sebagai informasi, kadar gula darah puasa adalah kondisi yang menunjukkan kadar gula darah saat kita tidak makan dalam waktu yang lama, yakni sekitar 8 jam atau lebih.

Masalahnya adalah, sekitar 70 persen dari orang-orang yang mengalami masalah prediabetes akan menderita penyakit diabetes. Tak hanya akan menyebabkan amputasi pada beberapa bagian tubuh, dalam realitanya diabetes bisa menyebabkan komplikasi yang jauh lebih serius seperti penyakit jantung.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...