Ini Dampaknya Bila Anak Sembarangan Minum Antibiotik
ilustrasi

Ini Dampaknya Bila Anak Sembarangan Minum Antibiotik

Jumat, 20 Nov 2020 | 13:25 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Ketika anak sakit batuk atau demam, pastinya orang tua ingin si kecil cepat pulih dan sehat kembali. Tak jarang, keinginan untuk memberikan anak obat antibiotik pun tak dapat dipendam.

Padahal, ada bahaya yang tersimpan ketika sembarangan memberikan obat antibiotik untuk anak.

Memberikan obat antibiotik dapat menyebabkan dampak kesehatan jangka panjang yang merugikan anak.

Alasan Mengapa Tak Boleh Sembarangan Memberikan Antibiotik ke Anak

image0

Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri. Kepada orang dewasa saja, obat ini tidak boleh diminum sembarangan, apalagi untuk anak-anak.

Pemberian antibiotik kepada anak harus sesuai dengan dosis yang diberikan dokter. Perlu diketahui, minum antibiotik sesuai dosis dokter kadang masih menimbulkan efek samping. Lalu, bagaimana bila tak sesuai dosis atau berlebihan?

"Kalau untuk anak-anak, pada dasarnya semua obat, termasuk antibiotik, dosisnya dihitung berdasarkan berat badan. Kalau dosisnya tidak tepat, risikonya overdosis," ungkap dr. Sara Elise Wijono, MRes.

"Kalaupun dosisnya tepat, obat tetap ada risiko efek sampingnya. Biasanya tidak berbahaya, tetapi bisa juga ada efek samping yang bahaya. Misalnya, dalam kasus alergi antibiotik, bisa berupa reaksi alergi ringan sampai berat seperti anafilaksis," tambah dr. Sara.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...