Ini Dampaknya Bila Gula Darah Terlalu Tinggi
ilustrasi

Ini Dampaknya Bila Gula Darah Terlalu Tinggi

Sabtu, 20 Feb 2021 | 08:27 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Mengontrol kadar gula darah mungkin susah-susah gampang, apalagi bagi pemilik diabetes. Sekalipun tak punya riwayat kencing manis, Anda yang sehat sekalipun juga tetap harus bisa mengontrolnya. Kadar gula darah yang tinggi dan tak terkontrol bisa saja membawa akibat yang membahayakan nyawa. Apa saja yang mungkin terjadi akibat kadar gula darah tinggi? Bagaimana penanganannya yang tepat?

Berapa kadar gula darah yang dianggap tinggi?

Punya riwayat diabetes maupun tidak, penting bagi Anda untuk selalu mengontrol kadar gula darah. Hal ini dilakukan agar fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik.

Kadar gula darah sewaktu yang normal adalah di bawah 200 mg/dl. Namun, lebih bagus jika Anda menjaganya dalam rentang 70-150 mg/dl.

Kadar gula darah di bawah 70 mg/dl menandakan kadar gula darah yang sangat rendah (hipoglikemia). Sementara, kadar gula darah disebut tinggi adalah nilai gula darah sewaktu berada di atas 200 mg/dl.

Jika kadar gula darah sudah lebih dari 240 mg/dl, bisa dikatakan kadar gula darah Anda sudah terlalu tinggi. Apabila kadar gula darah sewaktu tinggi, sudah menyentuh angka lebih dari 300 mg/dl saat Anda cek dua kali berturut-turut, sebaiknya segera periksakan ke dokter karena bisa menimbulkan akibat yang fatal.

Apa saja tanda jika gula darah terlalu tinggi?

Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa terjadi saat tubuh tidak memiliki hormon insulin yang cukup atau tidak bisa menggunakan insulin dengan baik.

Akibat dari kondisi gula darah tinggi ini sel tubuh tidak dapat menyerap glukosa. Padahal glukosa diperlukan untuk menghasilkan energi dalam tiap sel tubuh. Alhasil, glukosa (gula) pun jadi tetap berada di aliran darah.

Efek kadar gula darah yang tinggi seperti ini bisa terjadi saat Anda makan terlalu banyak (terutama makanan tinggi gula), lupa minum obat diabetes, stres, sedang sakit atau mengalami infeksi, dan tidak banyak berolahraga atau bergerak aktif.

Gejala gula darah yang terlalu tinggi bisa ditandai dengan:

  • Rasa haus atau kelaparan meningkat
  • Sering buang air kecil
  • Sakit kepala
  • Kelelahan sampai ingin pingsan
  • Penglihatan kabur
  • Mual dan muntah
  • Penurunan berat badan

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...