Ini Dampaknya Bila Hanya Sikat Gigi Sekali Sehari

Rusmanto
Rusmanto

Ini Dampaknya Bila Hanya Sikat Gigi Sekali Sehari ilustrasi
Winnetnews.com -  Kita tentu sering mendengar saran dari orang tua yang meminta kita untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Kegiatan ini bisa dilakukan setelah makan atau sebelum tidur. Masalahnya adalah seiring dengan kesibukan sehari-hari, banyak orang yang mengalami kelelahan sehingga malas untuk menyikat gigi sebelum tidur. Padahal, pakar kesehatan menyebut kebiasaan sikat gigi hanya sekali sehari bisa memberikan dampak buruk.

Dampak Sikat Gigi Sekali Sehari

Pakar kesehatan Keith Arbeitman dari Arbeitman and Shein Dentistry, Manhattan, New York, Amerika Serikat menyarankan kita untuk melawan rasa malas atau lelah di malam hari dan memastikan untuk menyikat gigi sebelum tidur, apapun yang terjadi.

“Kalau kita terbiasa melewatkan kebiasaan menyikat gigi di malam hari, maka risiko kesehatan yang akan didapatkan adalah sakit gusi, gusi berdarah, dan masalah gigi lainnya,” ucap Arbeitman.

Jika kita malas menyikat gigi di malam hari, maka sisa makanan yang berasal dari waktu makan pagi, makan siang, makan malam, dan berbagai macam camilan akan tetap tertinggal di gigi dan menjadi tempat “berpesta” bakteri di dalam mulut. Hal ini bisa membuat gigi lebih retan berlubang, rusak, dan mengalami masalah lainnya.

Tak hanya memicu masalah gusi dan gigi, malas menyikat gigi di malam hari juga bisa membuat dampak lain seperti masalah bau mulut, peradangan, dan berbagai masalah gigi dan mulut yang serius lainnya.

Apa Reaksi Kamu?