Ini Dampaknya Bila Rambut Sering Kena Sinar Matahari
ilustrasi

Ini Dampaknya Bila Rambut Sering Kena Sinar Matahari

Selasa, 10 Des 2019 | 06:58 | Rusmanto
Winnetnews.com - Jika dicermati, rambut yang sering terpapar sinar matahari cenderung mengalami perubahan warna dari hitam menjadi kecokelatan atau kemerahan. Apakah memang sinar matahari bisa memberikan dampak bagi kondisi rambut dengan signifikan?

Dampak Rambut Sering Terpapar Sinar Matahari

Pakar kesehatan menyebut di dalam rambut terdapat protein yang disebut sebagai keratin. Protein ini bisa ditemukan di bagian folikel, tempat akar rambut tumbuh di kulit kepala. Saat masih berada di dalam folikel, sel rambut yang masih dalam kondisi hidup akan terus aktif dalam menumbuhkan rambut. Selain itu, folikel juga akan memproduksi melanin yang mempengaruhi warna rambut kita.

Sayangnya, sinar matahari bisa menghancurkan sel-sel melanin yang ada dalam batang rambut kita. Bahkan, paparan radiasi ultra violet akan membuat melanin ‘terbakar’. Efek terbakarnya melanin ini akan membuat rambut kita memiliki warna seperti karat, yakni kecokelatan atau kemerahan.

Dalam dunia medis, proses terbakarnya melanin rambut ini disebut sebagai proses oksidasi. Kandungan melanin di dalam rambut pun menurun drastis akibat dari hal ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...