Ini Dampaknya Bila Terlalu Lama Bermain Gadget
ilustrasi

Ini Dampaknya Bila Terlalu Lama Bermain Gadget

Sabtu, 21 Nov 2020 | 16:27 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Saat ini, hampir setiap orang adalah pengguna gawai secara aktif. Banyak aplikasi menarik yang tersedia, mulai dari apps untuk bekerja, membaca, bermain game, hingga media sosial. Namun, jangan kira terlalu lama bermain gadget jauh dari efek samping!

Menggunakan gawai dalam waktu lama untuk mengetik atau main game dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan saraf pada tangan. Misalnya, tangan kebas. Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Tangan Kebas saat Main Gawai

Jika Anda sering pakai gadget untuk bekerja atau main game, maka patut berhati-hati. Gerakan berulang ketika memakai gawai dapat menimbulkan keluhan pada tangan.

Contohnya, mengetik atau menggeser layar dengan jari. Hal ini tidak dapat dihindari saat memakai gawai.

Lalu, aktivitas motorik seperti mengirim pesan atau mengetik secara terus-menerus juga dapat menyebabkan gangguan pada otot, tendon, atau saraf.

Berikut beberapa gangguan yang sering terjadi akibat menggunakan tangan dan jari yang berulang dalam waktu lama:

  • Tendonitis

Penggunaan jari untuk melakukan gerakan yang sama dalam waktu lama berpotensi menyebabkan peradangan pada tendon yang dikenal dengan istilah tendonitis.

Menurut American College of Rheumatology, tendonitis adalah kerusakan jaringan lunak yang mengelilingi otot dan tulang.

Saat Anda menggunakan gawai secara berlebihan, bisa jadi tendon pada bagian tertentu pada tangan mengalami peradangan dan menyebabkan keluhan nyeri.

  • Sindrom Lorong Karpal

Carpal tunnel syndrome (CTS) adalah gangguan saraf yang umum terjadi pada penggunaan tangan secara berulang. Gejala yang umumnya dirasakan penderita CTS melibatkan sensasi kesemutan dan nyeri pada jari.

Biasanya, yang terserang adalah tiga jari bagian luar yaitu kelingking, jari manis, dan jari tengah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...