Gaes! Udah Tau Kastil Terbesar di Dunia yang Jadi Situs Warisan UNESCO Belum?

Rani
Rani

Gaes! Udah Tau Kastil Terbesar di Dunia  yang Jadi Situs Warisan UNESCO Belum? Kastil Malbork Polandia. Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Apa sih yang kamu tahu tentang kastil? Ngomongin kastil, kamu pasti akan langsung berimajinasi tentang kisah negeri dongeng dalam film Disney. Kastil adalah bangunan benteng yang dibangun oleh bangsa Eropa di abad pertengahan, biasanya kastil juga didiami oleh para keluarga bangsawan. Kalau di Indonesia mungkin bisa dibilang kayak keraton gitu Gaes! Ngomong-ngomong soal kastil, ada satu kastil terbesar di dunia yang juga tercatat dalam situs warisan dunia UNESCO di tahun 1997 silam. Namanya Kastil Malbork, lokasinya ada wilayah di Polandia.

Bangunan bersejarah dan berukuran paling besar di dunia ini memliki luas 143.591 m2. Kalau kamu berada di Kota Warsawa letaknya sekitar 313 km Gaes! Informasi yang didapat dari situs resminya, bangunan gagah ini dibangun mulai abad ke-13 dan pembangunannya berlangsung sampai abad ke-15. Gile .. lama bingits yak!

Pantas aja kalau kastil ini jadi kastil terbesar di dunia, lah wong dibangunnya selama 2 abad. Kastil ini dibangun oleh Ksatria Teutonic yang juga ordo religius katolik yang berasal dari Jerman. Bangunan kastil nan megah ini tampak sangat kokoh, karena bahan baku utamanya terbuat dari batu bata merah. Di kastil ini juga ada rumah sakit dan tempat tinggal raja, selain itu ada juga ruang makan di bagian tengah yang luasnya gak nanggung-nanggung (kayak lapangan, luas banget Gaes!)

Karena sekarang udah bukan zamannya prince dan princess lagi, bangunan kastil ini fungsinya bukan lagi sebagai tempat tinggal raja, tapi sebagai musium bersejarah yang menyimpan banyak koleksi sejata, karya seni dan benda bersejarah lainnya. Kesan sedikit angker juga ada di Kastil terbesar di dunia ini. Kok angker sih? Iya, soalnya disini juga ada area pemakaman para ksatria dan pendeta di bagian teras timur. Bagi sebagian orang, pemakaman adalah tempat angker yang penuh dengan hal mistis. Tapi kamu juga bisa menikmati cantiknya taman di bagian teras selatan. Traveler yang mau ke sini harus menyiapkan stamina. Karena butuh waktu berjam-jam jika ingin keliling ke seluruh bagian kastil.

Kalau mau mampir ke sini, kastil ini dibuka setiap hari Selasa sampai Minggu pukul 10.00-16.00 waktu setempat. Harga tiket masuknya mulai dari € 1,7 (Rp 24.000) sampai dengan € 9,5 (Rp 134.000) per orang. Meskipun kastilnya luas banget, kamu gak usah takut nyasar, karean ada pemandu wisatanya disini. Yang paling seru dan unik, di kastil ini juga ada wisata malam yang dibuka pada bulan-bulan tertentu Gaes! Penasaran ya? Siapkan dana lebih untuk berwisata ke sini ya Gaes!

Apa Reaksi Kamu?