Skip to main content

Hillary - Trump Jika Ingin Menang Wajib Menang di Negara Bagian Ini

Donald Trump dan Hillary Clinton
Donald Trump dan Hillary Clinton

WinNetNews.com - Dari 50 negara bagian Amerika Serikat (AS) yang suaranya diperebutkan oleh Hillary Clinton dan Donald Trump, terdapat beberapa negara bagian yang dianggap krusial. Negara bagian krusial itu wajib dimenangkan oleh capres untuk bisa melaju ke Gedung Putih.

Seperti dilansir CNN, Selasa (8/11/2016), pertempuran pilpres AS terdiri atas beberapa kategori, yakni red state , blue state dan juga battleground . Kategori itu didasarkan pada latar belakang warganya dan juga catatan sejarah dari pilpres-pilpres sebelumnya.

Red state merupakan negara bagian yang memilih untuk Partai Republik yang diwakili warna merah. Sedangkan blue state merupakan negara bagian yang memilih Partai Demokrat yang diwakili warna biru. Sementara battleground merupakan wilayah yang tidak menunjukkan 'kesetiaan' pada satu partai tertentu. Dukungan untuk kedua partai, baik Partai Republik maupun Partai Demokrat, tergolong cukup kuat di wilayah battleground .

Battleground atau yang juga disebut swing states seringkali menjadi fokus kampanye para capres demi merebut dukungan maksimal dari warganya. Contoh swing states adalah Florida, Pennsylvania, Ohio, Georgia, North Carolina, Virginia, Arizona, Colorado, Iowa, Nevada, dan New Hampshire.

Seperti dilansir CNN, Selasa (8/11/2016), Trump diharapkan bisa memenangi dua battleground yang dimenangkan capres Republik Mitt Romney dalam pilpres 4 tahun lalu, yakni North Carolina dan Arizona.

Trump juga diharapkan bisa menang di tiga negara bagian krusial, yakni Florida, Ohio dan Iowa, yang pada pilpres 2012 lalu dimenangi Presiden Barack Obama. Kekalahan di negara bagian itu akan berdampak fatal pada perolehan electoral college Trump.

Sedangkan Hillary sendiri dikhawatirkan tidak bisa mempertahankan negara bagian yang condong ke Partai Demokrat, seperti Pennsylvania, Michigan dan Wisconsin, yang juga disebut sebagai 'Great Lakes'. Trump dengan serius menargetkan tiga negara bagian itu dalam kampanyenya beberapa waktu terakhir.

Jika Hillary bisa memenangkan tiga negara bagian itu dan memenangi satu saja negara bagian krusial antara North Carolina, Florida atau Ohio, Hillary hampir dipastikan memenangi perolehan electoral college. Dibutuhkan 270 dari total 538 electoral college untuk menang pilpres AS.

Namun jika dia tidak bisa memenangkan salah satu dari tiga negara bagian krusial itu, Hillary harus bisa menang di battleground lain seperti Virginia, Colorado, New Hampshire dan Nevada.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top