Ini Dia Superfood untuk Penderita Diabetes

Rusmanto
Rusmanto

Ini Dia Superfood untuk Penderita Diabetes ilustrasi

Winnetnews.com - Penderita diabetes tidak bisa makan sembarangan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Jika tidak diperhitungkan dengan baik, penderita diabetes akan mengalami kenaikan gula darah yang cepat. Ini bisa mengakibatkan penurunan penglihatan hingga luka tidak mudah kering. Oleh karena itu, ketahui apa saja superfood untuk penderita diabetes.

 

 

Event Seru April 2019

 

 

Ada banyak makanan enak, bahkan tergolong superfood tetap bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Berikut ini pilihan superfood untuk penderita diabetes yang sehat, aman, dan enak:

  1. Alpukat

    Alpukat adalah salah satu buah yang cukup dianjurkan untuk penderita diabetes atau siapa saja yang memiliki risiko besar mengalami penyakit ini.

    Alpukat mengandung cukup banyak lemak sehat yang akan memberikan rasa kenyang cukup besar. Selain itu kandungan serat dari alpukat juga membuat rasa kenyang berjalan lebih lama.

    Lemak yang terkandung pada alpukat tergolong sehat dan diserap cukup lama oleh tubuh. Kondisi ini tidak memicu kenaikan gula darah cukup cepat. Anda bisa mengonsumsi alpukat secara langsung atau menjadikannya smoothies atau jus tanpa menambahkan gula.
     
  2. Biji labu

    Biji labu memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh khususnya sebagai sumber dari magnesium.

    Mineral ini memegang peranan penting dalam pencernaan khususnya pada penderita diabetes atau yang memiliki riwayat dari keluarga. Mengonsumsi biji labu secara rutin mampu mencegah munculnya diabetes 1 dan 2 pada beberapa orang.

    Pencegahan ini bisa terjadi karena kandungan magnesium yang terkandung di dalam biji labu mencegah terjadinya resistensi insulin. Kalau insulin bisa berjalan dengan lancar, kondisi diabetes tidak akan terbentuk pada seseorang.
     
  3. Kayu manis

    Kayu manis yang selama ini sering digunakan untuk memasak atau bahan kue terbukti mampu mencegah terjadinya kenaikan gula darah pada penderita diabetes.

    Berdasarkan studi yang dilakukan, penderita diabetes yang mengonsumsi kapsul kayu manis juga ada perbaikan BMI dan juga level lapisan lemak di dalam tubuhnya.

    Meski penelitian baru masih terus dilakukan, tidak ada salahnya untuk tetap menggunakan herba ini sebagai salah satu mengontrol gula darah. Anda bisa menggunakan kayu manis untuk membuat minuman dengan merebusnya atau dibuat untuk taburan makanan.
     
  4. Chia seed

    Chia seed mengandung cukup banyak komponen antioksidan, serat, omega 3, dan magnesium.

    Kandungan chia seed bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan mencegah terjadinya komplikasi pada tubuh. Rutin mengonsumsi chia seed dalam bentuk biji atau dihaluskan dahulu bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

    Takaran chia seed untuk dewasa sekitar 22-33 gram setiap hari. Sesuaikan dengan kebutuhan dan boleh dikonsumsi kapan saja kalau Anda membutuhkan serat yang tinggi untuk tubuh.
     
  5. Stroberi

    Stroberi mengandung cukup banyak nutrisi berupa vitamin C, antioksidan, dan rendah gula, sehingga tergolong ke dalam superfood untuk penderita diabetes.

    Rutin mengonsumsi stroberi secara langsung tanpa memberikan tambahan gula bisa membuat daya tahan tubuh meningkat dengan cepat. Anda bisa makan stroberi secara langsung atau dibuat menjadi jus dahulu ditambah buah lain dan sayuran.
     
  6. Bayam

    Bayam mengandung banyak zat besi dan potasium. Mengonsumsi bayam secara rutin akan membuat tubuh terpenuhi kebutuhan potasiumnya. Efek dari pemenuhan ini adalah menurunnya risiko terkena diabetes dan komplikaisnya. Bayam bisa dimasak menjadi tumisan, dibuat makanan berkuah, dimakan mentah , atau dibuat jus dan campuran smoothies.
     
  7. Jahe

    Jahe mengandung cukup banyak antioksidan yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi jahe sebagai bahan makanan atau dibuat menjadi wedang akan menyuplai antioksidan dan mencegah terjadinya inflamasi di dalam tubuh. Diabetes juga akan dicegah karena gula darah yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih normal.
     

Tips hidup sehat meski punya penyakit diabetes

Selain mengonsumsi beberapa superfood untuk penderita diabetes di atas, untuk bisa hidup sehat dengan kondisi diabetes, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini secara rutin.

  • Mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih sedikit meski berkali-kali. Kalau Anda biasanya mengonsumsi makanan satu piring, kurang jadi separuh lalu lanjutkan beberapa jam kemudian. Cara ini dilakukan untuk menghindari peningkatan gula darah dengan cepat.
  • Selalu jaga sanitasi tubuh dan jangan biarkan terjadi infeksi di tubuh. Kalau sampai terjadi infeksi akan susah sekali sembuhnya. Apalagi gula darah di dalam tubuh sulit sekali dikendalikan.
  • Selalu cek kadar gula darah secara rutin. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kenaikan yang cepat atau penurunan yang cukup drastis.
  • Selalu masak apa saja yang akan Anda makan. Dengan melakukan hal ini Anda bisa terbebas dari bahan-bahan tersembunyi yang bisa jadi tinggi gula atau karbohidrat dan lemak.
  • Selalu berhati-hati saat melakukan aktivitas dan usahakan jangan sampai mengalami luka. Kalau Anda mengalami luka di tubuh, penyembuhannya akan memakan waktu lama, bahkan bisa memicu kerusakan organ dan diharuskan amputasi.
  • Usahakan untuk tetap melakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Dengan melakukan olahraga, Anda bisa dengan mudah mengontrol gula darah dan tubuh tetap bugar.
  • Tahu makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan.

Itu dia ulasan singkat mengenai superfood untuk penderita diabetes. Dengan mengonsumsi beberapa bahan makanan di atas, kemungkinan terjadi kenaikan gula darah dan masalah lainnya bisa dihindari dengan lebih baik.

 

 

 


Artikel ini telah tayang di doktersehat.com dengan judul "7 Superfood yang Cocok dan Aman untuk Penderita Diabetes"
 

Apa Reaksi Kamu?