Ini Dia Tempat Wisata Penting Saat Imlek

Ini Dia Tempat Wisata Penting Saat Imlek

Selasa, 2 Feb 2016 | 13:44 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Imlek merupakan salah satu perayaan penting bagi masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia. Selain menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga, perayaan Imlek juga kerap dirayakan dengan berbagai atraksi menarik, mulai dari pertunjukkan barongsai, ular naga, hingga wayang potehi.

Tak heran jika tahun baru Imlek kini bukan hanya menjadi milik masyarakat keturunan Tionghoa. Perayaan ini juga ditunggu-tunggu masyarakat luas yang ingin menyaksikan beragam atraksi menarik.

Jika Anda belum memiliki rencana untuk menghabiskan waktu liburan Imlek tahun ini, berikut beberapa destinasi wisata rekomendasi saat Imlek, seperti disusun tim Liputan6.com, Selasa (26/1/2016).

 

Tangerang

Kota Lama Tangerang merupakan kawasan pecinan yang sudah ada sejak 1600-an. Bukti autentik yang mendukung pernyataan tersebut adalah Kelenteng Boen Tek Bio. Kelenteng yang beralamat di Jalan Bhakti No 14, dan lokasinya tak jauh dari Sungai Cisadane ini menjadi pusat perayaan Imlek di kawasan Tangerang. Selain menyajikan beragam atraksi di sekitar Sungai Cisadane, perayaan Imlek di kawasan ini juga dimeriahkan beragam kuliner khas Tionghoa, seperti Bacang dan kue keranjang.

 

Semarang

Kota Semarang memang tidak bisa dilepaskan dari etnis Tinghoa. Kawasan ini telah lama menjadi pusat berkumpulnya masyarakat Tionghoa di Jawa Tengah. Banyak peninggalan sejarah yang membuktikan kedekatan Kota Semarang dengan kebudayaan Tionghoa, beberapa di antaranya adalah berdirinya Kelenteng Tay Kak Sie, Kelenteng Sam Poo Kong, dan Pasar Semarwis.

Menjelang Imlek, beberapa kelenteng yang ada di kawasan ini kerap menyuguhkan pertunjukan barongsai yang memukau. Tak hanya itu, jika berkunjung ke Semarang saat Imlek, Anda juga akan merasakan sensasi kuliner khas Tiongkok yang hanya ada saat tahun baru Imlek.

 

Singkawang

Singkawang, Kalimantan Barat, merupakan kawasan yang banyak dikunjungi wisatawan saat menjelang tahun baru Imlek. Salah satu alasannya karena kawasan ini selalu menyajikan atraksi pawai lampion yang memukau. Lebih dari itu, pemerintah daerah setempat dibantu masyarakat juga akan menyelenggarakan beraneka lomba menarik, mulai dari lomba hias kendaraan, hias lingkungan, hingga hias rumah.

 

Palembang

Sejak zaman kedinastian Sriwijaya di Nusantara, Palembang sudah lekat hubungannya dengan masyarakat keturunan Tionghoa. Bahkan beberapa folklor dari Palembang juga tak lepas dari cerita-cerita legenda yang erat hubungannya dengan kebudayaan Tionghoa, seperti Kisah Tan Bun An di Pulau Kemaro.

Menjelang Imlek, kawasan Palembang akan dipenuhi banyak lampion. Beberapa kawasan pecinan di Palembang juga kerap menyuguhkan pertunjukan Barongsai. Terpusat di Jembatan Ampera, suasana Imlek di Palembang makin kental terasa saat melihat perahu naga yang melintas di Sungai Musi. Tak heran jika Palembang menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk menghabiskan liburan Imlek Anda bersama keluarga.

 

Manado

Manado di Sulawesi Utara merupakan wilayah di Indonesia yang dikenal multikultur. Beragam etnis dan kepercayaan hidup harmonis layaknya bunga-bunga di Tomohon. Menjelang tahun baru Imlek, Manado menjadi kota yang ramai dengan pernak-pernik lampion. Pusat perbelanjaan menjadi titik kumpul bagi masyarakat yang ingin menyaksikan beragam atraksi menarik.

Kelenteng Ban Hin Kiong, kelenteng yang telah dibangun sejak 1819 di Manado menjadi lokasi yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan kemeriahan Imlek di Kota Manado. Pasalnya kelenteng ini kerap menyajikan pertunjukan seni Tiongkok menarik saat Imlek.

(seperti dilansir dari Liputan 6)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...