Ini Dugaan Penyebab Ambruknya Gedung BEI

Oky
Oky

Ini Dugaan Penyebab Ambruknya Gedung BEI Sumber : Istimewa

Winnetnews.com - Dugaan awal penyebab robohnya selasar mezzanine di tower II Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (15/1/2018), diungkap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rumah (PUPR).

Hal itu diambil dari hasil wawancara, pengamatan visual, serta analisis terhadap foto dan video CCTV yang beredar di media sosial. Menurut Sekretaris Direktur Jenderal Cipta Karya Rina Agustin Indriani, ada tiga simpulan dugaan awal penyebab runtuhnya selasar lantai mezzanine.

Pertama, kondisi saat kegagalan bangunan, yakni sling di selasar terlepas atau putus dari suspended bagian atas. Itu terjadi lantaran sekelompok orang terkonsentrasi pada satu titik selasar.

"Kedua, akibat banyaknya orang yang berada di satu titik selasar, hal ini menyebabkan kelebihan beban muatan sehingga memicu putusnya sling . Ketiga, putusnya sling ini dikarenakan penurunan kekuatan sling , baut, atau penjepit akibat korosi," katanya di Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Kementerian PUPR atas hasil pemeriksaan itu menyatakan masih diperlukan pengamatan lebih lanjut. Kemudian, perlu pengkajian lebih lanjut terhadap dokumen pembangunan gedung serta perlu dilakukan simulasi rekonstruksi pembebanan untuk menilai kemampuan struktur dalam memikul beban.

Ditambahkanya, pengelola gedung juga mengakui tidak ada pemeliharaan struktur untuk selasar mezzanine. Namun, itu hanya berupa perawatan biasa dan kebersihan.

Pengelola juga menegaskan lantai mezzanine bukan merupakan bangunan tambahan, melainkan sudah termasuk dari awal gambar perencanaan.

"Untuk itu, Tim BPB-DJCK akan gelar bersama Tim Puslabfor Kepolisian untuk memeriksa dokumen gambar," tuntasnya.

Apa Reaksi Kamu?