Ini Efek dari Luka Keloid Bila Tidak Diobati
ilustrasi

Ini Efek dari Luka Keloid Bila Tidak Diobati

Selasa, 23 Jul 2019 | 08:10 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Keloid merupakan bekas luka yang muncul akibat proses penyembuhan yang terlalu agresif. Ini menyebabkan bekas luka yang timbul ke permukaan sehingga tidak rata dengan permukaan lain ketika disentuh. Area bekas luka juga bisa jadi lebih luas daripada luka itu sendiri. Jika bekas luka keloid didiamkan dan tidak diobati, apa yang akan terjadi?

Apa yang terjadi jika bekas luka keloid didiamkan?

Keloid terjadi akibat adanya luka pada kulit, seperti luka bakar, luka tato dan tindik, jerawat parah, hingga luka operasi.

Namun, tidak semua orang yang mengalami luka akan memiliki keloid. Biasanya ini rentan terjadi jika ada riwayat dalam keluarga.

Munculnya keloid bervariasi dari satu orang ke orang lainnya. Bisa terbentuk sangat cepat, ada pula yang butuh waktu berbulan-bulan setelah luka terjadi.

Selain itu, ukuran keloid juga sangat beragam dan tidak bisa diprediksi seberapa besarnya. Bisa jadi keloid berhenti tumbuh dalam waktu setengah tahun. Bisa juga terus tumbuh selama bertahun-tahun.

Lantas, apa yang akan terjadi jika bekas luka ini didiamkan dan tidak diobati?

Bekas luka keloid termasuk ke dalam tumor tapi bukan kanker, sehingga tidak menandakan kondisi kritis yang perlu perawatan segera.

Namun, keloid dapat membesar dan menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan, seperti gatal, sensitif, dan nyeri. Jika keloid yang terbentuk menutupi area sendi, hal ini bisa membatasi gerakan tubuh seseorang.

Bekas luka keloid yang didiamkan begitu saja dan tidak diobati tidak akan sembuh ataupun hilang.

Bekas luka akan tetap ada dan kemungkinan akan membuat orang dengan kondisi ini menjadi minder karena tampilannya. Gejala-gejalanya pun akan tetap muncul dan kadang membuat pasien terganggu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...