(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ini Efek Dari Makanan Pedas Untuk Penderita Maag

Oky
Oky

Ini Efek Dari Makanan Pedas Untuk Penderita Maag sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Makanan pedas memang mampu menaikkan nafsu makan setiap orang yang menyukai rasa pedas, namun bagaimana efek makanan pedas bagi penderita maag? Sebab seperti yang kita ketahui bahwa makanan pedas sangat tidak baik bagi kesehatan perut.

Maag ialah penyakit yang kerap diderita oleh kebanyakan orang penyuka makanan pedas. Seharusnya, kita sudah dapat menyimpulkan jika makanan pedas sangat buruk bagi penderita maag.

Efek Makanan Pedas Bagi Penderita Maag

Menurut dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD, seorang dokter kesehatan ahli pencernaan dari Fakultas Kedokteran Kampus Indonesia, menyarankan agar tidak mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang berlebihan karena hal ini sangat tidak baik bagi pencernaan.

“Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan pencernaan maka harus wapada dengan makanan pedas” tuturnya. Ia menceritakan mengenai pasien dengan  keluhan pada lambung setelah konsumsi keripik pedas. “Setelah diperiksa, ternyata ada luka pada lambung” ungkap dr. Ari.

Memakan makanan pedas secara berlebihan mampu sebabkan permukaan lambung menjadi rusak dan luka. Penyakit ini dinamakan Maag atau Gastritis, yang ditandai oleh adanya luka atau peradangan di dinding lapisan lambung. Hal ini disebabkan lapisan lambung jarang dilewati oleh makanan dan justru hanya menerima makanan pedas, alhasil akan membuat lapisan lambung menitip dan rentan terjadi infeksi.

Bukan hanya itu, makanan pedas dengan beberapa bahan tertentu juga bisa menghasilkan gas di dalam perut. Gas yang tak tertahankan dan cairan lambung yang makin meningkat membuat cairan lambung dari dalam naik ke kerongkongan, akibatnya seseorang akan merasakan sensasi seperti terbakar dan perih.

Rasa pedas yang dihasilkan dari cabai yaitu bersumber dari zat capcaisin, menurut dr. Ari sebetulnya zat tersebut memang berguna bagi kesehatan tubuh, terlebih untuk menaikkan nafsu makanan, dan lainnya seperti untuk pereda rasa nyeri, antiinflamasi, dll. Akan tetapi, jika makanan pedas dikonsumsi secara berlebihan, tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Tetap saja, segala sesuatu jika berlebihan tentu akan menjadi tidak baik. Bila memang Anda mempunyai keluhan pada pencernaan, Ada baiknya untuk menghindari pengonsumsian makanan pedas, sediakan obat maag yang aman dikonsumsi dalam jangka panjang.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});