Ini Efek Minum Kopi Usai Makan Malam
ilustrasi

Ini Efek Minum Kopi Usai Makan Malam

Sabtu, 24 Agt 2019 | 18:01 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Cukup banyak orang yang sengaja menikmati kopi setelah mengonsumsi makan malam. Hal ini disebabkan oleh kenikmatan minuman ini yang dianggap bisa melengkapi makan malam. Bahkan, terkadang kita bisa melakukannya sambil menonton acara televisi atau mengobrol bersama dengan teman-teman atau keluarga. Hanya saja, apakah tidak apa-apa jika kita minum kopi setelah makan malam?

Dampak minum kopi setelah makan malam

Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui dampak dari kebiasaan minum kopi setelah makan di University of Guelph, Kanada. Hasilnya adalah, jika kita mengonsumsinya setelah makan, termasuk setelah makan malam, maka kadar gula darah bisa naik hingga dua kali lipat. Apalagi jika kadar lemak dalam makanan yang kita konsumsi cukup banyak. Keberadaan lemak ini akan membuat produksi hormon insulin terpengaruh dan akhirnya memicu peningkatan kadar gula darah dengan signifikan.

Salah satu peneliti yang ikut serta, Marie-Soleil Beaudoin, menyebut kafein di dalam kopi mampu mengganggu komunikasi antara usus dengan pankreas. Hal inilah yang akhirnya mengganggu produksi hormon insulin tubuh dan membuat kadar gula darah cenderung meningkat. Masalahnya adalah, jika kondisi kadar gula darah ini terus tinggi, dikhawatirkan risiko diabetes bisa ikut meningkat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...