Ini Efeknya Bila Sakit Asam Urat Tidak Disembuhkan

Rusmanto
Rusmanto

Ini Efeknya Bila Sakit Asam Urat Tidak Disembuhkan ilustrasi
Winnetnews.com -  Meskipun gejala serangan dari penyakit asam urat bisa sangat menyiksa, dalam realitanya banyak penderita dari masalah kesehatan ini yang malas untuk rutin mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Padahal, keberadaan obat-obatan ini bisa menjaga kadar zat asam urat di dalam darah dan menurunkan risiko terkena serangan penyakit ini.

Berbagai dampak yang akan muncul jika penyakit asam urat tidak diobati

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, pakar kesehatan menyarankan penderita asam urat untuk rutin mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Jika sampai mereka malas mengonsumsinya atau hanya meminumnya saat serangan asam urat tiba, akan menyebabkan dampak kesehatan yang lebih buruk.

Berikut adalah dampak-dampak kesehatan tersebut.

1. Bisa memicu masalah batu ginjal

Jangan salah, batu ginjal ternyata tidak hanya dipicu oleh kebiasaan makan atau minum yang buruk lho. Hal ini ternyata juga terkait dengan masalah asam urat, apalagi jika penyakit ini tidak ditangani dengan baik dan penderitanya malas rutin mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter.

Hal ini disebabkan oleh kadar asam urat yang sangat tinggi bisa memicu pembentukan kristal pada ginjal. Masalahnya adalah terbentuknya kristal ini juga akan membuat kinerja ginjal semakin menurun dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membuang kelebihan zat asam urat di dalam tubuh. Hal ini berarti, tak hanya akan memicu batu ginjal, risiko terkena gagal ginjal akan meningkat.

2. Bisa memicu penyakit jantung koroner

Jika sampai kadar asam urat terus meningkat dan tidak bisa dikendalikan, maka risiko untuk terkena penyakit jantung koroner ternyata bisa semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh terganggunya fungsi ginjal dan pembuluh darah akibat keberadaan zat asam urat yang sangat tinggi di dalam tubuh. Masalahnya adalah penyakit jantung koroner bisa meningkatkan risiko kematian dini.

Apa Reaksi Kamu?