Skip to main content

Ini Jenis Makanan yang Sering Dikonsumsi Setiap Hari dapat Memicu Alergi

Ini Jenis Makanan yang Sering Dikonsumsi Setiap Hari dapat Memicu Alergi
Ini Jenis Makanan yang Sering Dikonsumsi Setiap Hari dapat Memicu Alergi

WinNetNews.com - Penyebab terjadinya alergi berasal dari pola makan yang memicu alergi semakin parah. Ditambah tak semua produk makanan dan minuman menuliskan label peringatan alergi, juga pengetahuan pasien tentang makanan dan minuman penyebab alergi yang masih minim.

Seperti dikutip dari laman Health Line, penting untuk mengetahui jenis makanan dan minuman yang sering dikonsumsi setiap hari ini dapat memicu alergi.

1. Daging merah

Daging sapi, daging babi, dan domba yang biasa dikonsumsi dalam diet harian ini dapat memicu alergi. Rupanya, kandungan Alpha-galaktosa dalam daging merah adalah pemicu kumatnya alergi seseorang.

Menurut Food Allergy Research & Education (FARE), gejala munculnya alergi tidak langsung terjadi usai memakannya. Paling tidak 3-6 jam setelah mengonsumsi reaksi akan timbul. FARE juga merekomendasikan untuk memasak daging lebih lama dan di suhu yang panas untuk mengurangi risiko reaksi alergi.

Biasanya gejala yang tampak adalah hidung meler, bersin-bersin, mual, ruam, dan asma.

2. Wijen

Jenis biji-bijian ini dapat mengeluarkan reaksi alergi yang parah, dan 0,1 persen orang Amerika mengalami alergi karena wijen. Hal ini terjadi akibat protein dalam biji wijen, yang menimbulkan reaksi pembengkakan pada wajah atau bibir, sulit bernapas, dan asma.

3. Marshmallow

Getalin dalam makanan ini dapat berimbas buruk bagi penderita alergi. Reaksi yang dikeluarkan biasanya lidah bengkak, napas terengah-engah, gatal-gatal, dan anafilaksis.

4. Jagung

Menurut American College of Allergy, Asthma & Immunology (ACAAI), alergi jagung sulit untuk diidentifikasi karena reaksi alergi berasal dari benih jagung itu sendiri.

Efek yang ditimbulkan biasanya adalah sesak, gatal-gatal, pusing, dan mual.

5. Mangga

Hal ini disebabkan adanya urushiol (jenis benih tanaman) dalam mangga. Reaksi alergi yang ditimbulkan adalah kulit kemerahan, gatal-gatal, dan peradangan kulit.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top