(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ini Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Mereka Tidur

Oky
Oky

Ini Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Mereka Tidur sumber foto : istimewa

Winnetnews.con - Anda mungkin sudah tahu efek kualitas tidur terhadap keseharian Anda: kurang atau lebih beberapa jam saja, satu hari Anda terkena imbasnya. Karena apa yang Anda lakukan sebelum tidur secara langsung berpengaruh terhadap kualitas tidur, mungkin Anda perlu merancang aktivitas yang tepat untuk dijadikan kebiasaan di malam hari.

Beberapa tokoh-tokoh sukses ini paham benar pentingnya memiliki kebiasaan tidur yang telah terbukti membantu meningkatkan kenyamanan tidur dan produktif di hari esok. Kira-kira apa saja yang mereka lakukan sebelum tidur?

1. Membaca buku

Bill Gates pernah mengatakan kalau ia membaca 50 buku setiap tahunnya, dan ternyata, ia menggunakan waktu sebelum tidur untuk menyelesaikan daftar bacaannya. Tidak harus dibatasi buku berat mengenai bisnis, buku fiksi atau nonfiksi sesuai minat Anda juga bisa bisa jadi pilihan. Intinya adalah agar Anda merasa rileks sebelum tidur.

2. Meditasi

Oprah Winfrey rutin melakukan meditasi dua kali sehari, pagi hari dan sekali lagi sebelum tidur. Aktivitas yang terbukti baik untuk kesehatan mental ini juga dilakukan oleh mantan Chief Technologi and Strategy Officer Cisco Systems, Padmasree Warrior. Menurutnya, menyisihkan waktu untuk melakukan meditasi menjaga pikirannya agar tetap tenang dan membantu mengurangi tekanan kerja.

3. Membuat catatan

To-do list bukan hanya untuk pagi hari. Kalau Anda sering sulit tidur karena banyak pikiran, coba tuliskan semuanya sebelum tidur. Di malam hari, Kenneth Chenault, CEO American Express mencatat tiga hal yang ingin ia capai untuk keesokan harinya dan ia akan memulai harinya dengan catatan ini.

Co-founder Huffington Post, Arianna Huffington, juga punya kebiasaan menulis serupa, namun biasanya ia menulis apa saja hal yang membuatnya bersyukur di sepanjang hari itu.

4. Mematikan gadget

Menurut penelitian, cahaya terang dari ponsel mengganggu produksi melatonin sehingga membuat Anda sulit tertidur. COO Facebook, Sheryl Sandberg mengaku kesulitan untuk berpisah dari ponselnya di malam hari. Namun kebiasaan membantunya agar tidak mudah terbangun.

Arianna Huffington sendiri melarang adanya gadget di kamar tidur agar ia tidak tergoda untuk mengecek media sosial dan email kantor. Menurutnya, jika ia mulai meraih gadget untuk membaca korespondensi yang masuk, ia akan merasa tertekan dan sulit untuk tidur lelap.

5. Bekerja

Tidak semua petinggi perusahaan hanya bersantai sebelum tidur. Kadang kala, mereka juga menyisihkan waktu untuk bekerja, meski hanya sebatas tugas-tugas ringan. Desainer ternama Vera Wang, misalnya, menggunakan waktu sebelum tidur untuk mengecek laporan bahan dan merencanakan desain. Ia senang bekerja di malam hari karena hanya waktu inilah ia bisa bebas dari distraksi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});