Ini Kebiasaan yang Baik Untuk Meningkatkan Kinerja Otak Kita

Oky
Oky

Ini Kebiasaan yang Baik Untuk Meningkatkan Kinerja Otak Kita

Winnetnews.com - Semua orang ingin memiliki kekuatan otak yang maksimal, di mana otak adalah sebagai pusat untuk mengatur kerja dalam tubuh. Banyak trik dan cara dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mulai dari makan ikan yang bergizi hingga latihan khusus yang dilakukan.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak Anda. Melansir dari lifehack.org, Minggu, 14 April 2019, berikut latihan yang harus Anda lakukan.

1. Lakukan Tugas Tersulit di Pagi Hari

Otak Anda bekerja sebaik mungkin ketika segar dan berenergi setelah tidur nyenyak. Jika Anda memiliki tugas untuk melakukan itu membutuhkan banyak pemikiran dan fokus. Waktu terbaik untuk melakukan tugas itu adalah di pagi hari, ketika otak Anda berada pada posisi paling segar.

Ini adalah salah satu alasan mengapa membuka gawai di pagi hari bukanlah ide yang bagus. Anda menyia-nyiakan waktu terbaik otak Anda untuk tugas sederhana yang dapat dilakukan ketika otak Anda tidak segar.

Jauh lebih baik untuk melakukan tugas-tugas kreatif Anda yang paling sulit, mengambil keuntungan dari tingkat energi otak Anda yang lebih tinggi. Cobalah awali pagi hari dan jadwalkan pekerjaa yang membutuhkan konsentrasi kreatif tinggi.

2. Baca Buku, Jangan Bermain Media Sosial

Tidak ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan pengetahuan Anda selain dengan membaca buku. Kebiasaan dari seseorang lebih menyukai untuk menghabiskan waktu bermain di media sosial. Sebaiknya, jadikan membaca buku sebagai kebiasaan Anda.

Ketika Anda membaca buku, Anda meningkatkan kemampuan otak untuk menyelesaikan masalah dengan pengatahuan yang Anda dapat dari buku. Pelajari tentang teori ekonomi, sejarah, dan psikologi. Semua topik ini memiliki aplikasi praktis nyata untuk kehidupan.

3. Cukup Istirahat

Otak kita tidak pandai mempertahankan konsentrasi dan fokus selama lebih dari satu jam. Setelah Anda melampaui jumlah waktu tertentu dan terlalu fokus terhadap pekerjaan, Anda membuat banyak kesalahan.

Mengambil jenis istirahat yang tepat itu penting. Beralih dari bekerja dan mencari hiburan di media sosial tidak akan memberi otak Anda istirahat yang tepat. Bangun dari meja Anda dan pergi ke luar untuk mencari udara segar. 

Otak Anda perlu istirahat dari layar, jadi tinggalkan ponsel Anda sehingga Anda tidak tergoda untuk melihatnya dan hanya menikmati pemandangan.

4. Berolahraga secara teratur

Jika nenek moyang kita menghabiskan hari-hari mereka dengan duduk santai, mereka tidak akan bertahan lama. Untuk bertahan hidup mereka akan mencari makanan dan terus bergerak. Otak kita telah berevolusi untuk berfungsi sebaik-baiknya ketika kita berolahraga.

Dalam bukunya, Brain Rules, Prof.John Medina menjelaskan ketika kita berolahraga, kita meningkatkan jumlah oksigen di otak kita dan ini membantu mempertajam fungsi otak kita.

Dalam studi, ketika sekelompok orang yang sebelumnya tidak aktif memulai program latihan ringan, keterampilan kognitif mereka meningkat serta waktu reaksi dan keterampilan kuantitatif.

5. Minumlah Air yang Cukup

Otak Anda terdiri dari sekitar 70 persen air, jadi tanpa air yang cukup, otak Anda tidak akan berfungsi dengan baik. Ketika Anda tidak minum cukup air, Anda akan sulit untuk berkonsentrasi. Rasa kantuk akan terus menghampiri karena kekurangan energinya.

Solusinya adalah minum air secara teratur saat sedang melakukan aktivitas di kantor. Jika sudah disediakan tempat minum itu sangat bagus, bergeraklah untuk mendapatkan air tersebut.

6. Dapatkan Makanan yang Tepat

Anda mungkin pernah mengalami kelelahan di sore hari. Ini adalah hasil dari karbohidrat yang Anda makan saat makan siang, merangsang tubuh Anda untuk memproduksi insulin yang kemudian menyebabkan penurunan kadar gula darah Anda.

Saat Anda mengalami kelelahan di sore hari, berkonsentrasi untuk waktu yang lama menjadi hampir mustahil dan Anda hanya ingin meringkuk dan tidur. Cobalah makan siang yang kaya protein seperti tuna atau salad ayam tanpa pasta, nasi atau roti.

Simpan beberapa camilan sehat seperti kacang campuran dan pisang kering di sekitar ruang kerja Anda dan ketika Anda merasa sedikit lapar, makanlah beberapa di antaranya. Itu akan membuat Anda lebih bersemangat.

 

 

Penulis : Oky Alexander Weni
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?