Ini Kebiasaan yang Perlu Dihindari Penderita Penyakit Maag
Foto: Winnetnews.com

Ini Kebiasaan yang Perlu Dihindari Penderita Penyakit Maag

Minggu, 17 Mei 2020 | 16:16 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Penyakit maag merupakan salah satu jenis penyakit yang sudah tidak asing lagi untuk masyarakat. Maag merupakan penyakit yang terjadi karena adanya peradagan atau iritasi dalam lapisan perut. Beberapa gejala yang sering timbul saat mengalami penyakit ini, seperti rasa mual, terjadinya gangguan pencernaan, sakit perut, muntah, hingga hilangnya nafsu makan.

Jika kamu memiliki riwayat penyakit maag, terdapat beberapa kebiasaan yang perlu dihindari agar penyakit ini tidak kambuh dan merusak ativitasmu.

Makan tidak teratur

Jika memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya jangan sering menunda makan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pasalnya, ketika perut dalam kondisi kosong, produksi asam lambung menjadi lebih banyak dari biasanya dan dapat menyebabkan lapisan dinding teriritasi. Saat lapar, maka tanpa sadar kita akan makan lebih banyak dari biasanya.

Ini dapat menyebabkan sistem pencernaan jadi lebih sensitive. Usahakan untuk makan secara teratur sehari 3 kali dengan porsi yang normal. Langkah ini dapat membantu lambung dan saluran pencernaan lainnya terhindar dari iritasi.

Tidak mengatur apa yang dimakan

Beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan penyakit maag dan sebaiknya dihindari. Makanan tersebut seperti kopi, makanan yang asam, makanan yang terlalu memiliki banyak lemak, pedas, berminyak, dan minuman berkarbonasi. Jaga asupan makan dengan mengonsumsi makanan yang lemaknya mudah dicerna (daging ayam dan ikan) dan makanan berserat tinggi.

Konsumsi makanan dalam jumlah besar

Makan dalam jumlah besar sekaligus dapat membuat saluran pencernaan mengalami iritasi dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk itu, usahakan makan dalam porsi yang cukup dan tidak terlalu banyak agar lambung tetap aman saat menerima makanan.

Minuman berakohol dan merokok

Minuman berakohol dapat mengiritasi sistem pencernaan. Selain itu, alkohol juga dapat menimbulkan efek samping seperti mual, diare, hingga sakit perut. Selain minuman berakohol, kebiasaan merokok juga perlu dihindari. Nikotin dan zat lainnya yang ada dalam rokok dapat meningkatkan hydrochloric acid dalam perut. Ini yang menyebabkan kita mengalami penyakit maag.

Stres

Agar penyakit maag tidak semakin parah, kita bisa mengatasinya dengan meredakan rasa stres yang sedang dialami. Ini bisa dilakukan dengan melakukan terapi pernapasan, meditasi, ataupun yoga untuk menyeimbangkan kondisi fisik dan mental.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...