Ini Kelebihan dan Manfaat Gunakan Kondom
ilustrasi

Ini Kelebihan dan Manfaat Gunakan Kondom

Kamis, 5 Des 2019 | 21:21 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi paling umum yang tentunya sudah dikenal luas oleh masyarakat. Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami manfaat kondom, sehingga masih banyak yang enggan menggunakan alat kontrasepsi satu ini. Apa saja kelebihan dan manfaat pakai kondom? Simak ulasannya berikut ini!

Kelebihan dan Manfaat Kondom

Banyak orang yang berpendapat bahwa penggunaan kondom dapat mengurangi kenikmatan dalam berhubungan seksual. Namun sepertinya hal ini bukan merupakan satu-satunya alasan banyak orang mengabaikan penggunaan kondom. Keengganan menggunakan kondom juga bisa jadi muncul akibat seseorang kurang memahami manfaat pakai kondom itu sendiri.

Sebagian orang mungkin hanya mengetahui bahwa kondom dapat mencegah kehamilan, padahal manfaat kondom bukan hanya itu saja.

Jadi, apa saja sebenarnya kelebihan dan manfaat pakai kondom?

1. Mencegah Kehamilan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manfaat kondom sebagai alat kontrasepsi adalah tentu saja dapat mencegah kehamilan.

Efektivitas kondom untuk mencegah kehamilan adalah sekitar 98%, namun ini hanya berlaku apabila kondom digunakan dengan benar. Tingkat efektivitas kondom dapat menurun seiring dengan penggunaan kondom yang tidak benar.

2. Mendukung Penggunaan Kontrasepsi Lainnya

Sama halnya seperti kondom yang dapat memberi perlindungan sebesar 98%, alat kontrasepsi lainnya juga tidak dapat 100% mencegah kehamilan.

Apabila alat kontrasepsi seperti pil, suntikan, IUD, atau implan sudah digunakan, tidak ada salahnya menggunakan kondom juga selama berhubungan seksual. Kondom dapat menjadi perlindungan ekstra sehingga penggunaan kontrasepsi tersebut dapat menjadi lebih efektif.

3. Mencegah Penularan Penyakit Seksual

Manfaat kondom yang tidak kalah penting dari mencegah kehamilan adalah perlindungannya dari penyakit menular seksual.

Ya, kondom dapat membuat Anda terhindar dari penyakit menular seksual. Bahkan kondom merupakan satu-satunya alat kontrasepsi yang dapat melindungi Anda dari infeksi menular seksual seperti HIV, klamidia, gonore, dan penyakit menular seksual lainnya.

Infeksi menular seksual sering kali tidak menimbulkan gejala, sehingga Anda perlu berhati-hati ketika melakukan hubungan seksual. Jika Anda tidak dapat memastikan pasangan Anda tidak memiliki infeksi ini, maka jangan pernah melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...