Ini Khasiat Daging Belut yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Rusmanto
Rusmanto

Ini Khasiat Daging Belut yang Tidak Diketahui Banyak Orang ilustrasi
Winnetnews.com -  Olahan belut sebenarnya termasuk dalam kuliner khas Indonesia, namun konsumsi belut sebenarnya masih cukup rendah jika dibandingkan dengan daging jenis lainnya. Biasanya, hal ini disebabkan oleh banyaknya orang yang menganggap belut sebagai hewan yang cukup menjijikkan. Padahal, pakar kesehatan menyebut daging belut termasuk dalam bahan makanan yang tinggi kandungan nutrisi.

Manfaat makan daging belut bagi kesehatan

Belut bisa diolah dengan berbagai cara, baik itu digoreng, direbus, atau bahkan dijadikan keripik. Rasanya enak sebagaimana daging-daging pada umumnya. Bahkan, pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali nutrisi sehat yang bisa didapatkan jika sering mengonsumsinya.

Berikut adalah berbagai manfaat sehat yang bisa didapatkan jika kita makan belut.

1. Memiliki kandungan protein yang tinggi

Sebagaimana daging pada umumnya, belut juga tingi kandungan protein. Bahkan, jika kita mengonsumsi satu porsi belut, maka kita sudah bisa memenuhi asupan protein harian yang berada di angka 20 gram.

Melihat fakta ini, anak-anak, remaja, dan ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi belut karena kandungan proteinnya yang tinggi bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh, termasuk janin di dalam kandungan. Keberadaan protein juga bisa membantu kesehatan otot dan saraf-saraf tubuh.

Di dalam belut juga terdapat kandungan mineral yang bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, otak, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sebagian pakar kesehatan juga menyebut rutin makan belut bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker, tepatnya kanker payudara.

Apa Reaksi Kamu?