Ini Kronologi Walkout SBY di Kampanye Damai Pemilu 2019

Ini Kronologi Walkout SBY di Kampanye Damai Pemilu 2019 Foto:Istimewa

WinNetNews.com- Pada kampanye damai yang dilakukan Minggu 23/9/2018, ada kejadian yang cukup menarik perhatian publik. Dikutip dari berbagai sumber yang ada, sosok Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang melakukan walkout.

SBY menyita perhatian lantaran dia pergi dari deklarasi kampanye damai sebelum rangkaian acara selesai. SBY saat ini masih ada di rangkaian parade. Ia duduk satu mobil dengan anaknya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Sekjen PAN Eddy Soeparno.

SBY tidak terlihat saat parade selesai dan perwakilan peserta pemilu duduk di panggung di arena Monas. Ternyata SBY pergi saat parade melintasi Jalan Medan Merdeka Barat. Dia meninggalkan acara bersama Zulkifli Hasan.

SBY marah karena tidak bisa menerima banyaknya bendera dan atribut partai serta pendukung pasangan calon presiden-wakil presiden, terutama dari pihak Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Ia menganggap itu tidak sesuai ketentuan.

Menurut Ketua KPU RI Arief Budiman, keberadaan relawan di luar parade resmi tidak bisa diatur lembaganya. Akan tetapi, ia memastikan sudah mengontrol semua peserta parade di dalam barisan.

"Kami tidak bisa menuntut tiba-tiba banyak orang berdiri di pinggir jalan dan mengibarkan sesuatu. Tidak bisa membatasi. Tapi semua yang di jalur sudah diatur. Kan memang kami mengatur yang di dalam barisan," kata Arief.